Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Banjarbaru Laksanakan Rakor Sakip dan RB

Banjarbaru Laksanakan Rakor Sakip dan RB

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) SKPD Bidang Pengawasan, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) , Pelayanan Publik dan Standar Pelayanan Minimal, Reformasi Birokrasi (RB) dan Kelembagaan, di Aula Gawi Sabaratan, Balai Kota, Senin (11/04/2022).

Dalam pembahasan rapat SAKIP dan RB ini, peran Inspektorat dalam pengawasan sangat besar bagi penguatan akuntabiltas kinerja, yakni melaksanakan reviu atas laporan kinerja berdasarkan PerMenPAN RB Nomor 53 Tahun 2014. Tujuan reviu ini untuk memberikan keyakinan terbatas mengenai akurasi, keandalan dan keabsahan data atau informasi kinerja intansi Pemerintah, sehingga dapat menghasilkan laporan kinerja yang berkualitas.

BACA JUGA :  Pemko Banjarbaru Berikan SP Kedua untuk Warung Jablay

Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Drs. H. Said Abdullah, MSi mengatakan, memang pekerjaan dilingkup Pemerintah Kota Banjarbaru saat ini sangat banyak.

“Inspektorat dengan tugas wajibnya sudah sangat banyak hampir tidak punya waktu lagi. Apalagi dengan tugas tambahan terkait reviu ini,” katanya.

Said melanjutkan, berkaitan dengan SAKIP dan RB Pemerintah Kota Banjarbaru saat ini mendapatkan predikat B ditahun 2021.

BACA JUGA :  Banjarbaru Diselimuti Kabut Asap Karhutla, Semangat Muda Peduli bersama Komunitas Lainnya Bagikan Masker

“Naiknya memang sedikit tapi lumayan. InsyaAllah kedepannya kita akan menaikkan lagi dengan semangat kita bisa lakukan,” ujarnya.

Diketahui, hasil evaluasi SAKIP, Pemerintah Kota Banjarbaru telah menerapkan SAKIP Sebagai pelaksanaan dari menajemen kinerja sektor publik.

Sedangkan untuk Reformasi Birokrasi (RB) terdapat progress peningkatan capaian di level unit kerja dibandingkan tahun 2020 kamaren. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari komitmen pimpinan SKPD, tim assessor khususnya sekretaris dan tim RB SKPD. (nsh)

Baca Juga