Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Pagi-Pagi ada Tanglong Jukung di Lok Baintan, Sungai Tabuk

Pagi-Pagi ada Tanglong Jukung di Lok Baintan, Sungai Tabuk

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Mendengar lomba tanglong,  kerap dihubungkan dengan kemeriahan saat menyambut malam lebaran Idulfitri. Namun, lomba tanglong di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar sangat berbeda dengan tanglong yang sering ditemui pada menyambut lebaran.

WhatsApp Image 2018 12 02 at 11.12.05

Pasalnya jika selama ini tanglong hanya menggunakan mobil yang dihiasi lampu kerlap-kerlip, kini tanglong di Desa Lok Baintan menggunakan transportasi air tradisional yakni jukung, perahu kecil khas banjar yang biasanya digunakan oleh  masyarakat lokal.

BACA JUGA :  Martapura Terendam Banjir, Warga Sebut Pemerintah Hilang! Kalak BPBD Beri Penjelasan

“Tanglong jukung ini dalam rangka festival pasar terapung tahun 2018, dimana dalam festival ini ada beberapa perlombaan, diantaranya tanglong, pesona jukung hias, dan foto, “ ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Haris Rifani.

WhatsApp Image 2018 12 02 at 11.08.02

Keunikan tanglong jukung itu pun menarik antusias masyarakat setempat bahkan wisatawan asing yang turut serta pada festival pasar terapung itu.“Untuk tanglong ini di ikuti sebanyak 500 peserta, dan mereka ini adalah  pedagang pasar terapung yang biasanya berjualan di sini, ”ucapnya.

BACA JUGA :  Pemkab Banjar Gelar Rakor Antar Pembakal dan BPD Serta Serahkan 31 Penghargaan Desa Mandiri

Haris juga menambahkan,  lomba tanglong berlangsung dari pukul 04.00 Wita sampai 06.00 Wita. Berpatokan pada penilaian keindahan dekorasi jukung, penilaian berakhir dilakukan pukul 06.00 Wita. “Betul, setelah tanglong barulah dilanjutkan dengan kegiatan Festival Pasar Terapung,”ujarnya. (sairi)

Baca Juga