Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. FKUB Perkuat Moderasi Beragama di Bumi Sanggam Melalui Dialog Agama

FKUB Perkuat Moderasi Beragama di Bumi Sanggam Melalui Dialog Agama

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Balangan lakukan penguatan moderasi beragama melalui kegiatan Lintas Dialog Agama di Aula Benteng Tundakan Paringin, Selasa (24/05/2022).

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Balangan dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Kesra Setda Balangan Syaifuddin Tailah, disaksikan para tokoh agama, Camat, serta unsur Forkompimda di Kabupaten Balangan.

Ketua FKUB Kabupaten Balangan, Supriadi pada sambutannya berharap pada kegiatan ini dapat menghasilan konsep-konsep moderasi beragama intoleransi bagi masyarakat Kabupaten Balangan agar aman, rukun, damai dan sejahtera.

BACA JUGA :  Ekspose Masterplan Kota Paringin Digelar

“Kami FKUB akan terus mengelola keberagaman dan merawat kerukunan umat beragama di Kabupaten Balangan, serta terus menjaga nilai-nilai moderasi beragama karena moderasi beragama sangat penting terhadap toleransi,” ujar Supriadi.

Lanjut ujarnya, pihaknya mengajak semua tokoh untuk menjadikan agama sebagai sumber nilai-nilai yang merawat kebhinekaan dan mengajak umat menjaga kemajemukan yang berpegang teguh kepada sisi ajaran semua agama.

“Moderasi beragama sendiri bertujuan agar praktik beragama sesuai dengan esensinya, sehingga agama benar-benar berfungsi menjaga harkat dan martabat manusia dalam bermasyarakat,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Balangan Berstatus PPKM Level 1

Sementara, Kepala Staf Kodim (Kasdim) Kodim 1001/HSU-BLG, Mayor Inf Eko Santoso mengharapkan pihaknya dapat menjadi wadah untuk komunikasi dan koordinasi dalam penguatan moderasi beragama di Kabupaten Balangan.

“Dengan kegiatan dialog ini, saya berharap bisa menjadi wadah untuk komunikasi dan koordinasi antar lintas agama yang ada di Kabupaten Balangan, serta membangun kesepahaman serta memperkuat jalinan harmoni dan kerukunan umat beragama,” tutupnya. (Ald)

Baca Juga