Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pangan di Balangan Meroket

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Harga bahan pangan di beberapa pasar Kabupaten Balangan melonjak naik.

Meroketnya harga bahan – bahan ini berkaitan dengan suasana saat ini tengah menyambut Idul Adha 1443 Hijriah.

Salah satu pasar yang merasakan kenaikan harga jelang Idul Adha 1443 Hijriah tersebut salah satunya Pasar Modern Adaro Paringin.

Salah seorang penjual sayur di Pasar Modern Adaro Paringin, Misdi membernarkan mengenai kenaikan harga bahan pangan tersebut.

“Iya benar mas, saat ini harga-harga sayuran dan lainnya memang mengalami kenaikan yang sangat drastis mencapai 50 persen dari harga pada biasanya,” ujarnya, kepada Headline9.com, Selasa (21/06/2022).

BACA JUGA :  Pemkab Balangan Terima Bantuan Oleh Tim CSR Balangan Coal Group

Lanjut, Misdi menerangkan sejumlah sayur seperti tomat juga naik menjadi Rp30 ribu dari harga sebelumnya Rp20 ribu per kilogram. Bawang merah semula Rp40 ribu kini naik menjadi Rp60 ribu per kilogramnya, sedangkan wortel tidak mengalami kenaikan harga yakni tetap Rp20 ribu per kilogramnya.

Menurutnya, kenaikan harga paling signifikan terjadi di sejumlah jenis cabai. Cabai rawit semula pada kisaran harga Rp100 ribu naik menjadi Rp150 ribu per kilogramnya, cabai keriting awalnya Rp50 ribu naik menjadi Rp90 ribu per kilogramnya dan cabai tiung dari Rp60 ribu naik Rp100 ribu per kilogramnya.

“Tentunya kami sangat mengeluhkan keadaan ini, karena para pembeli berkurang dari sebelumnya. Ini saja kami menjual dengan keuntungan yang tipis,” ucapnya.

BACA JUGA :  Balangan Perlu Tambahan Oksigen

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, Kabupaten Balangan, Aidinnor mengungkapkan bahwa hal tersebut memang menjadi keluhan masyarakat serta para pedagang di pasar-pasar.

“Tentunya kami akan menindaklanjuti hal ini, kami masih berkoordinasi dengan pihak provinsi dan menunggu langkah-langkah kebijakan dari pusat,” ungkap Aidinnor.

Terakhir ucapnya, tim monitoring juga sudah turun ke semua pasar yang ada di Balangan untuk mendata harga-harga komoditi yang mengalami kenaikan saat menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah ini. (Ald)

Baca Juga