Antisipasi Karhutla, Pemkab Balangan Susun Strategi Lebih Dini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Dalam upaya antisipasi bencana asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan adakan Rapat Koordinasi (Rakor), di Aula Benteng Tundakan, Kamis (23/06/2022).

Rakor tersebut berfokus pada penanangan dini terkait bencana karhutla, yang dipimpin dan dibuka oleh Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Balangan Akhmad Nasa’i.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Kepala BPBD Kabupaten Balangan, unsur Frokpimda, Frokopimcam serta pihak swasta dan lembaga organisasi.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Balangan, Akhmad Nasa’i menyampaikan dengan adanya kegiatan ini ia berharap untuk penanganan karhutla serta pencegahan perlu sinergitas antara lintas sektor baik itu TNI/Polri, BPBD dan lainnya.

BACA JUGA :  Pemkab Balangan Batalkan Pawai Malam Takbiran Tahun 2022/1443 H

Semoga kita diberi kemudahan untuk mengatasinya, jangan sampai menjadi api yang semakin besar. Kebakaran hutan dan lahan yang ada di Kabupaten Balangan bisa di cegah sedini mungkin.

“Dengan penetapan status ini kita harap semua bersinergi agar penanganan karhutla di Balangan bisa dapat di cegah dengan baik,” ucapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, Rahmi menjelaskan bahwa sebagaimana pembahasan saran yang disampaikan saat rapat yaitu mulai Juni hingga Desember, Balangan ditetapkan sebagai status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan.

Rahmi menambahkan beberapa langkah strategis yang juga akan dilakukan mulai dari kegiatan sosialisasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat luas.

Agar secara bersama-sama dalam hal ini untuk mencegah sekaligus mewaspadai terhadap potensi bahaya kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA :  PAW DPRD Balangan, Dimas Febriandi Gantikan Usman

Kita terus menyusun langkah-langkah strategis dalam rangka untuk kewaspadaan pencegahannya antara lain nanti di awal Juli kita melaksanakan apel gelar pasukan gabungan kesiapsiagaan untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

“Kemudian kita juga akan membentuk satgas dan posko lapangan sesuai dengan situasi dan kondisi yang diperlukan,” ujarnya.

Terakhir, Rahmi mengimbau untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Balangan, agar bersama-sama untuk waspada dan berupaya mencegah baik itu disebabkan oleh alam ataupun yang disebabkan oleh tangan manusia.

Serta menimalisir, sehingga Kabupaten Balangan tetap aman terkendali terhadap situasi bencana. (Ald)

Baca Juga