Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Fokus Bahas Problematika dan Pembinaan Muallaf, Pemkab Balangan Gelar Bahtsul…

Fokus Bahas Problematika dan Pembinaan Muallaf, Pemkab Balangan Gelar Bahtsul Masail Al Ummah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan dipercaya menjadi tuan rumah Bahtsu Massail Al Ummah Se-Kalimantan Selatan, di Aula Benteng Tundakan Kecamatan Paringin Selatan, Jumat (24/06/2022) malam.

Kegiatan bertema ‘Problematika dan Strategi Pembinaan Mualaf di Daerah Pedalam Kalsel tersebut dibuka langsung oleh Bupati Balangan Abdul Hadi.

Bupati Balangan, Abdul Hadi mengatakan penduduk Balangan sekitar 132 ribu jiwa, 94,5 persen muslim dan sebagian adalah muallaf.

Abdul Hadi juga menyebut, berkat kerjasama dengan beberapa pihak, Balangan bisa memiliki kampung muallaf, di Kecamatan Halong sejak 2013.

BACA JUGA :  Bapperida Balangan Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD 2025

“Hadirnya kampung muallaf tidak otomatis menjawab segala persoalan. Terutama menghadapi permasalahan kontemporer,” ujar Abdul Hadi.

Sementara, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Antasari Banjarmasin, Dr. Muhammad Zainal Abidin menjelaskan pada acara kali ini diikuti oleh perwakilan dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Kalsel, terutama para tokoh agama.

BACA JUGA :  PKK Balangan Sosialisasikan Vaksinasi Untuk Lansia

“Kami berharap kegiatan ini bisa menghasilkan rekomendasi ke depannya tentang bagaimana cara membina dan mengatasi berbagai macam problematika yang ada di pedalaman Kalsel,” jelas Zainal Abidin.

Diketahui, turut hadir pada kegiatan itu Bahtsul Masail Al Ummah yang digelar tersebut dihadiri oleh Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin, Kepala Kemenag Balangan Saribuddin dan Rektor UIN Antasari Banjarmasin yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. Akhmad Sagir. (Ald)

Baca Juga