Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kapuas
  4. »
  5. Cegah PMK, Dinas Pertanian Kapuas Vaksinasi Hewan Ternak

Cegah PMK, Dinas Pertanian Kapuas Vaksinasi Hewan Ternak

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, KUALA KAPUAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pertanian setempat melakukan pemberian vaksin kepada hewan ternak sebagai pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H diwilayah Kabupaten Kapuas.

Kali ini pemberian vaksin dilakukan di tiga kecamatan yakni Kecamatan Basarang, Kecamatan Mantangai dan Kecamatan Tamban Catur dengan total 300 dosis.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kapuas Yaya bersama jajarannya terjun langsung untuk melakukan pemberian vaksin, dimana dirinya mengungkapkan bahwa vaksinasi PMK ini untuk meningkatkan kekebalan ternak terhadap virus PMK sehingga tidak mudah terserang penyakit tersebut.

BACA JUGA :  Sekda Kapuas Hadiri Apel Kesiapan Hadapi Bencana Banjir

“Salah satu upaya yang saat ini kita lakukan untuk mencegah penyakit PMK adalah pemberian vaksinasi hewan ternak berkuku belah yang rentan terpapar PMK seperti sapi,” tutur yaya. Selasa (5/7/2022).

Dirinya pun menyebutkan, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas dalam antisipasi terhadap PMK sudah jauh-jauh hari terjun ke lapangan melakukan pengecekan, sosialisasi maupun lainnya di 17 kecamatan di Kapuas, dalam rangka pencegahan penyakit yang mudah menular ke sesama sapi tersebut.

BACA JUGA :  BPBD Kapuas Beri Sejumlah Saran Terkait Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

“Semoga dengan adanya pemberian vaksinasi PMK dan pengecekan hewan ternak ini dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang mau membeli hewan qurban, mengingat sudah dekatnya Hari Raya Idul Adha 1443 H,” pungkasnya. (Ed)

Baca Juga