Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Wujudkan Tenaga Kerja Profesional, DPMPSPTTK Balangan Kerja Sama dengan ITS…

Wujudkan Tenaga Kerja Profesional, DPMPSPTTK Balangan Kerja Sama dengan ITS Mandiri

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Sesuai Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati Balangan dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bumi Sanggam, Pemerintah setempat bersinergi bersama Peeguruan Tinggi lokal guna mencetak tenaga kerja berstandar perusahaan.

Melalui Dinas Penanaman Modal Perijinan Satu Pintu Transmigrasi dan Tenaga Kerja (DPMPSPTTK) Kabupaten Balangan, bekerja sama dengan Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITS Mandiri) Tentang Pembentukan Pusat Uji Kompetensi dan Penyelenggaraan Uji Sertifikasi Kompetensi, Kamis (07/07/2022).

Penandatangan perjanjian kerja sama antara Rektor ITS Mandiri dengan Kepala DPMPSPTTK Kabupaten Balangan berlangsung di Aula DPMPSPTTK setempat.

Kepala DPMPSPTTK Kabupaten Balangan, Albani mengatakan kerja sama ini dilakukan dalam rangka perwujudan salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupati Balangan dalam mencetak tenaga kerja yang berstandar perusahaan / industri dan mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Balangan.

“Oleh karena itu, kita perlu adanya upaya dapam menstandarisasi tenaga kerja Kabupaten Balangan, agar berstandar perusahaan/industri melalui sertifikasi kompetensi tenaga kerja,” ujar Albani.

BACA JUGA :  Wabup Balangan Ikuti Penanaman Sejuta Pohon

Lebih lanjut ujarnya, salah satu upaya pihaknya untuk mewujudkan hal tersebut, adalah dengan bekerja sama dengan perguruan tinggi lokal yaitu Institut Teknologi Sapta Mandiri untuk membentuk pusat uji kompetensi dan Penyelenggaraan Uji Sertifikasi Kompetensi pada instansinya.

Albani berharap, dengan adanya pusat uji kompetensi ini akan memberikan manfaat kepada calon tenaga kerja sebagai sarana sertifikasi angkatan tenaga kerja, sehingga bisa bersaing dan terserap di dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (Dudika).

Selain itu juga sebagai dasar referensi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Vokasi dalam mengembangkan kurikulum dan jenis pelatihannya. Kemudian, sebagai dasar penganggaran kegiatan – kegiatan Instansi terkait.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Perijinan Satu Pintu Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Balangan, Slametno menambahkan, Pusat Uji Kompetensi ini nantinya akan didukung oleh 23 Lembaga Sertifikasi.

BACA JUGA :  Lintas Balangan - Paser, Abdul Hadi Siap Mendukung Proyek BalPas

“Dengan didukung oleh asesor 14 Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan 1 Asesor dari Badan Standariasasi Nasional (BSN),” jelasnya.

Dalam kesempatannya, Rektor Institut Teknologi Sapta Mandiri yang diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sarpas, Munisih memaparkan, Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITS Mandiri) merupakan Perguruan Tinggi yang memiliki izin penyelenggaraan dari Kemendibud Ristek.

“Potensi yang ada pada ITS Mandiri sangatlah mendukung dalam pembentukan Pusat Uji Kompetensi dan Penyelenggaraan Uji Sertifikasi Kompetensi. Kami atas nama ITS Mandiri mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi kami dalam rangka meningkatkan kualitas Tenaga Kerja di Kabupaten Balangan,” tutupnya. (Ald)

Baca Juga