Prediksi Jemaah Lebih 30 Ribu ketika UAS Sampaikan Tablig Akbar di Al Karomah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Ustaz Abdul Somad  (UAS)ke Kota serambi Makkah Ahad (09/12/2018) malam. Panitia mematangkan rencana penyambutan dai kondang asal Riau tersebut. Salah satunya menggelar rapat kamis (05/12/2018) siang di Pendopo Sultan Adam Martapura.

“Kami meninjau lokasi dengan semua seksi, diantaranya membagi tugas untuk pengaturan tamu, untuk jamaah perempuan lantai atas, untuk tamu jamaah laki-laki dari halaman Pasar Batuah dan lantai bawah, bahkan kita mengatur sistem kedatangan UAS, kami nanti menggunakan pagar, hingga nanti mobil UAS bisa langsung menuju mihrab,” kata HM Aidil Basith.

Nantinya, saat tablig akbar berlangsung, pihak panitia menyiapkan sebanyak layar lebar 10 unit yang akan terpasang di sekitaran Masjid Agung Al Karomah Martapura. Panitia juga akan menyiarkan melaui streaming.

“Jemaah diperkirakan 30 ribu dan jumlah layar lebar 10 unit. Ini di luar relawan yang berniat memasang sendiri layar secara swadaya, “ ujarnya.

BACA JUGA :  Rofiqi Ancam Tak Hadiri Rapat Paripurna Lanjutan

Basit juga mengatakan, nantinya pada pelaksanaan Tablig Akbar ada pengalihan arus lalu lintas, total 3 opsi. Pertama waktu siang menggunakan arus biasa, opsi kedua buka tutup sedangkan opsi ketiga diperkirakan sekitar pukul 16.00 WITA.

Arus dari Hulu Sungai kita arahkan ke Tambak Baru ke luar di Gunung Ronggeng, dari Banjarbaru diarahkan ke Jalan Menteri 4 dan keluarnya di Pasar Papan. Alur lalu lintas ini khusus masyarakat yang tidak menghadiri tablig akbar.

Lebih lanjut dikatakan Basit, untuk mendukung kelancaran Tablig Akbar itu pihak panitia juga menyiapkan kantong-kantong parkir, yaitu dengan memanfaatkan halaman-halaman kantor pemerintahan Kabupaten Banjar, Taman Cahaya Bumi Selamat, dan RTH Ratu Zalecha.

BACA JUGA :  Banjar Laksanakan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM

“Belum bisa memastikan jumlah personil dari Polres Banjar dan TNI karena masih perlu rapat lagi. Dari Dishub menyiapkan 100 personil, ”ucapnya.

Ditambahkan Basit, nantinya aka nada 10 posko kesehatan yang tersedia di beberapa titik, hal itu untuk membantu masyarakat jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.“Posko kesehatan beserta ambulance kita siapkan, posko utama ada di depan Kantor perpustakaan, dan saya minta juga tadi agar ada tenaga kesehatan di dalam masjid, takutnya jika ada yang memerlukan, ”ujarnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat menghadiri Tablig Akbar  sebelum meninggalkan rumah memeriksa kompor, kunci rumah dan lainnya. Ia juga pesan, Jemaah berpakaian tidak terlalu mewah seperti banyak menggunakan perhiasan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.(mam)

Baca Juga