Bupati Ben Brahim : Dengan Kebersamaan Karhutla Kapuas Dapat Diatasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, KUALA KAPUAS – Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Kabupaten Kapuas dilaksanakan Jumat (5/8/2022) di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas. Rapat tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, MM.MT.

Kemudian dihadiri oleh Dandim 1011/Klk Letkol Kav Ferdiansyah perwakilan dari Kapolres Kapuas, Sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemkab Kapuas, Camat se Kabupaten Kapuas, dan sejumlah Perusahaan Besar Sawit di wilayah Kabupaten Kapuas.

Dalam sambutannya, Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM, MT menyampaikan bahwa Kabupaten Kapuas telah membentuk yang namanya Satgas (Satuan Tugas) untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan mulai dari tingkat desa sampai dengan kabupaten dan hal tersebut cukup efektif untuk dilaksanakan.

BACA JUGA :  Jajaran Resmob Satreskrim Polres Kapuas Ringkus Tersangka Penganiayaan

Pada kesempatan itu, Ben Brahim mengingatkan kembali kepada semua agar Satgas khususnya di desa notabenenya sebagai ketuanya adalah Kepala Desa. Untuk keperluan Satgas Desa dapat dianggarkan dari Dana Desa, baik tugas apa saja yang harus dilakukan oleh Satgas sudah jelas diatur di dalam tugas dan fungsi Satgas itu sendiri.

“Sedangkan untuk tingkat kecamatan agar dapat melakukan koordinasi dengan desa dan Kabupaten. Untuk kabupaten harus terus memonitor kondisi wilayah kita, intinya kita melakukan sosialisasi dengan rajin dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruhnya. Dengan kebersamaan saya yakin dan percaya Karhutla Kapuas bisa kita atasi,” terang Ben Brahim.

BACA JUGA :  Bupati Kapuas Hadiri Upacara Pelepasan Jenazah Lurah Dahirang, Ini Sambutannya

Disamping itu, lanjut dia, Orang Nomor Satu di Kabupaten Kapuas itu menekankan agar semua pihak jangan lengah dan perlu sedini mungkin untuk melakukan persiapan dan langkah guna upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, mengingat Kabupaten Kapuas terdapat lahan gambut terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah.

Ditempat yang sama, Dandim 1011/KLK Letkol Kav Ferdiansyah menyampaikan, Kami akan selalu siap mendukung, serta selalu menindak lanjuti terkait karhutla,”Karena ini tidak bisa dianggap sepele,” kata Dandim. (Gus)

Baca Juga