Desa Pulau Telo Baru Laksanakan Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, KUALA KAPUAS – Badan Permusyawaratan Desa bersama Pemerintah Desa Pulau Telo Baru Laksanakan Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2023, pada Kamis (11/8/2022).

Bertempat di Halaman Kantor Desa, dalam penjelasannya Zaini selaku Ketua BPD memaparkan bahwa berpedoman pada Peraturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, sehingga rancangan RKPDes merupakan kegiatan rutinitas tahunan.

“Hasil Rapat RKPDes ini merupakan dokumen yang rutin disusun oleh Pemerintah Desa dan jadikan rujukan dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa atau (RKPDes) tahun anggaran 2023,” ungkap Ketua BPD.

Dijelaskan juga bahwa dalam Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 21 Tahun 2020 pada Pasal 22 ayat (4) bahwa RKPDes yang telah disusun ditetapkan dengan Peraturan Desa dan disepakati/disetujui bersama BPD,” tambah Zaini Ketua BPD

BACA JUGA :  Camat Kapuas Murung Kurnadi Pimpin Gelar Apel Pendistribusian Logistik Pilkades

Sementara itu, Samugi selaku Pj Kepala Desa Pulau Telo Baru dalam penjelasannya bahwa di Tahun 2023, Kegiatan Desa akan difokuskan pada Bidang Pembangunan atau fisik.

“Oleh sebab itu, hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini, berkaitan Bidang Pembangunan, terutama pembangunan jalan, jembatan, semenisasi serta fukos pada penanggulangan stunting,” ungkap PJ Kades Pulau Telo Baru, Samugi.

Lebih lanjut, secara teknis, Samugi menambahkan tentang tahapan dalam penyusunan RKPDes, mulai dari : Pembentukan Tim Penyusun RKPDes, Pembiayaan Pembangunan Desa, Pencermatan Ulang RPJMDes, Penyusunan Rancangan RKPDes dan pengesahan Daftar Usulan Prioritas RKPDes.

“Untuk itu, pada kesempatan ini, saya atas nama PJ kades selaku Perpanjangan Kinerja camat selat dan Bupati Kapuas perlu menyampaikan terkait program Pemerintah Kabupaten Kapuas, sehingga perlu ditindak-lanjuti oleh Pemerintah Desa diantaranya Kegiatan Stunting,”ucap Samugi.

BACA JUGA :  Peringatan HUT RI ke-77 Tahun, Kelurahan Selat Dalam Gelar Lomba Berhadiah

“Jadi, rencana prioritas utama untuk pembangunan pada tahun 2023,” tutur Samugi.

Acara berjalan dengan tertib, aman dan lancar dan warga Desa Pulau Telo Baru antusias sangat tinggi, serta masyarakat juga menyampaikan aspirasinya terkait rencana pembangunan Desa Pulau Telo Baru 2023 dan sangat bersyukur karena warga dilibatkan dalam rembuk desa sepeti ini.

Rapat yang dipandu langsung oleh PJ Kades Samugi dan dipimpin oleh Ketua BPD ini, dihadiri oleh perangkat desa, Ketua RT, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, Kader Posyandu, Bidan Desa, Perwakilan Perempuan dan Pengelola PAUD di Desa.(Gus)

Baca Juga

%d blogger menyukai ini: