Sosialisasi Pembentukan KIM Untuk Lahirkan Masyarakat Cerdas Informasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Upaya Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Balangan dalam mendorong adanya pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di seluruh wilayah pedesaan terus dioptimalkan.

Oleh karenanya pentingnya memahami peranan informasi sebagai komitmen, melalui Diskominfosan menggelar kegiatan sosialisasi Peraturan Bupati No. 95 tahun 2021 tentang petunjuk teknis pembentukan kelompok informasi masyarakat (KIM) Kabupaten Balangan, di Aula Kecamatan Paringin Selatan, Kamis (1/9/2022).

Sosialisasi digelar secara roadshow pada beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Halong, Juai, Tebing Tinggi, Awayan, Batumandi, Lampihong, Paringin dan Paringin Selatan.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfosan Balangan, M. Johansyah Z mengatakan adanya KIM dibutuhkan sebagai mitra strategis di pemerintah. Dimana keberadaan KIM pun diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA :  Meriahkan HUT Ke-77 RI, Warga Desa Lampihong Kiri Gelar Upacara Bendera

Johansyah menambahkan pembentukan KIM dilaksanakan untuk memperluas jangkauan kelompok informasi masyarakat secara lebih merata dan dapat menyalurkan informasi yang akurat. Mengingat banyaknya berita hoax yang beredar yang berdampak dapat menimbulkan kekisruhan di masyarakat.

“Untuk membuat saluran informasi dari masyarakat ke pemerintah daerah dan dari pemerintah daerah ke masyarakat, jadi nanti KIM ini dari oleh dan untuk masyarakat yang membentuknya jadi informasi-informasinya yang ada ditengah-tengah masyarakat itu mereka kumpul lewat kelompoknya,” ujarnya.

Terpisah, Camat Paringin Selatan, Renny Yudisthesia sampaikan terima kasih atas digelarnya sosialisasi tersebut. Sehingga melalui KIM ini nantinya informasi-informasi mengenai pemerintah daerah maupun desa bisa tersalurkan ke masyarakat luas.

BACA JUGA :  Tak Sesuai Perjanjian, Bupati Balangan Ajak DRPD Pertanyakan ke Kementerian ESDM

“Saya mengucapkan terima kasih banyak sudah diadakan sosialisasi untuk pembentukan kelompok informasi masyarakat ini. Yang mana nantinya mudah-mudahan dengan adanya KIM, berita-berita tentang pemerintah daerah itu bisa sampai ke desa-desa,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu peserta KIM yakni Plt. Lurah Batu Piring, Abdi Noor Fadillah sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini dan menyatakan akan siap bekerjasama dalam mengantisipasi berita-berita hoax yang beredar.

“Untuk kegiatan hari ini kami atas nama Kecamatan Paringin Selatan selaku lurah dan kepala desa sangat menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan pada hari ini, untuk kedepannya mungkin bisa berlanjut agar kegiatan ini bisa dilaksanakan terus-menerus dan untuk informasi bisa diupdate kemasyarakat,” tuturnya.

Baca Juga