Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Bangsal Pengolahan Cabai Diresmikan

Bangsal Pengolahan Cabai Diresmikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Peresmian Bangunan Bangsal Pengolahan Cabai dan syukuran bantuan pemerintah dan BUMN tahun anggaran 2022 digelar, sekaligus panen dan tanam cabai serta penaburan bibit ikan di Gapoktan Kayuh Baimbai Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Selasa (4/10/2022) pagi.

Bangunan Bangsal Pengolahan Cabai diresmikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Provinsi Kalimantan Selatan H Syamsir Rahman bersama Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas dan Analis Kebijakan Madya Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Ermia Sofiyessi.

Kepala Dinas TPH Kalsel Syamsir Rahman menjelaskan, bantuan bangsal untuk hortikultura tersebut yakni peralatan pengering, penghancur sampai pengolahan khusus untuk cabai.

BACA JUGA :  Langgar Lalu Lintas di Simpang Empat Sekumpul Martapura, Siap-siap ETLE Bertindak

” Selain menanam padi, jagung dan kedelai di desa Simpang empat ini dikhususkan untuk tanaman hortikultura seperti cabai. Peralatan yang diberikan harus dijaga dan dipelihara karena bantuan ini bernilai besar,” pesannya.

Alat tidak hanya digunakan untuk kelompok tani yang ada di desa ini, namun juga bisa dimanfaatkan untuk kelompok tani lain.

Syamsir berharap Dinas TPH Kalsel bekerjasama dengan TP PKK Banjar untuk menjadikan Desa Simpang Empat ini sebagai daerah agrowisata dan produk olahannya akan disebarluaskan.

Selain bantuan dari pemerintah ada juga bantuan dari PLN untuk pembibitan ikan papuyu secara elektrik.

Sementara itu Hj Nurgita Tiyas mengaku bangga dengan Gapoktan Kayuh Baimbai beserta seluruh anggota karena tetap dengan kultur masyarakat Kabupaten Banjar bekerja di bidang pertanian.

BACA JUGA :  Bupati dan Wakil Bupati Banjar Hadiri Haul Datuk Kelampayan ke 216

Penyerahan secara simbolis bantuan sarana dan prasarana pasca panen dan pengolahan kepada Gapoktan Kayuh Baimbai Kabupaten Banjar dan Kelompok Tani Hidup Makmur Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Selain itu bantuan sarana pengolahan hortikultura Solar Dryer kepada Poktan Karya Baru Kabupaten Tapin dan bantuan prasarana budidaya sayuran (kubung jamur) Poktan Makmur Kabupaten Batola.

Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Kalsel Fahrani, Camat Simpang Empat Fahrian Rahman, Plt Kadis Pertanian Banjar H Ahmadi, Kadis PMD Banjar H Syahrialludin dan Forkopimcam.

Baca Juga