Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Tiga Desa di Kecamatan Mandau Talawang Terendam Banjir

Tiga Desa di Kecamatan Mandau Talawang Terendam Banjir

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, KUALA KAPUAS – Ratusan rumah warga dan fasilitas umum di tiga desa di Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terendam banjir.

“Ada tiga desa yang sebagian wilayahnya terendam banjir, yakni Desa Sei Pinang, Desa Tanjung Rendan dan Desa Jakatan Masaha,” kata Kades Sei Pinang, Rintho melalui pesan whatsaff, Selasa (15/11/2022).

Banjir ini merupakan banjir musiman yang setiap tahun terjadi, akibat hujan dengan intensitas tinggi membuat Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas meluap sehingga menimbulkan banjir di daerah setempat.

Awal banjir terjadi pada Minggu, 13 November 2022 sekitar pukul 17.20 WIB setelah hujan turun dengan intensitas tinggi. Ketinggian debit air 1 meter hingga 1,5 meter dan saat ini belum ada tanda-tanda surut.

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Pelaku Penganiayaan Bendahara Desa Tumbang Puroh

Banjir yang terjadi di Desa Sei Pinang menyebabkan sebanyak 310 unit rumah warga terendam dan sebanyak 350 kepala keluarga terdampak banjir. Untuk banjir di Desa Tanjung Rendan telah merendam sebanyak 70 unit rumah dan banjir di Desa Jakatan masih merendam 117 unit rumah.

Kepala Desa Sei Pinang, Rintho mengimbau masyarakatnya yang terdampak banjir agar bersabar karena ini adalah musibah yang tanpa terduga dan setiap tahun terjadi. Ia juga berharap agar pemerintah daerah dapat memperhatikan warga yang terdampak banjir. Karena adanya banjir ini membuat warga tidak bisa bekerja seperti biasa,” pinta Rintho.

BACA JUGA :  Konfirmasi Open Recruitment Tenaga Kontrak, Sekcam Astambul Marahi Wartawan

“Diharapkan kepada pihak-pihak terkait supaya memperhatikan warga yang terdampak banjir, dikarenakan masih banyak rumah warga dibantaran sungai, disaat banjir bisa mengakibatkan rumah warga hanyut,” ucapnya.

Kami dari pemerintah desa Sei Pinang mengharapkan pihak terkait dapat membantu rumah warga yang berada dibantaran sungai, karena sangat membahayakan khususnya warga RT 3 desa sei pinang,” harap Kades Sei Pinang. (Gus)

Baca Juga