Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Gratis, Ayo Daftar Operasi Katarak ke RSD Idaman Kota Banjarbaru

Gratis, Ayo Daftar Operasi Katarak ke RSD Idaman Kota Banjarbaru

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU -Warga yang ingin mengobati katarak, segera daftar ke Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru, pengobatannya gratis.

Kegiatan bertema bakti sosial (baksos) ini akan berlangsung 6 hari ke depan, tepatnya dari tanggal 2 hingga 8 Desember mendatang.

Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana, MMRS, mengungkapkan, kegiatan baksos operasi katarak gratis ini pada prinsipnya difasilitasi program Kementrian Sosial (Kemensos) RI, kerjasama antara Kemensos dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI).

“Kita RSD Idaman Banjarbaru disini hanya sebagai fasilitator pelaksanaan kegiatannya saja. Semuanya biaya dan fasilitasnya ditanggung pihak Kemensos, jadi benar-benar gratis,” katanya.

Danny –akrab disapa– berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya warga Banjarbaru. Apalagi katanya pelaksanaan egiatan ini juga turut melibatkan tenaga-tenaga ahli denganmengaplikasikan standar kegiatan yang sesuai untuk menunjang kelancaran pengobatan masyarakat.

BACA JUGA :  Banjarbaru Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

“Harapannya karena layanan dan fasilitasnya gratis, serta melibatkan tenaga ahli yang dikerahkan oleh PERDAMI, kegiatan baksos ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Saya yakin kegiatan ini bernilai guna bagi masyarakat Banjarbaru,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr Siti Ningsih, mengungkapkan baksos operasi katarak gratis diperuntukkan bagi masyarakat memiliki gangguan pada bagian mata yang mengarah pada katarak.

“Misalnya penglihatan menurun semakin lama semakin buram tanpa merah dan nyeri atau sakit mata. Lalu terdapak putih di tengah mata *(putik istilah orang Banjar)*,” tuturnya.

Jika memiliki keluhan sesuai kriteria tersebut, lanjut Siti, maka masyarakat dipersilahakan untuk mendaftar di Poliklinik Mata, lantai 1 RSD Idaman Kota Banjarbaru.

BACA JUGA :  HUT Golkar Ke-55, Paman Birin Ziarahi Tokoh Golkar.

“Untuk jam pendaftaran dari Senin sampai Kamis, dari pukul 12.00 hingga 13.30 Wita. Khusus untuk hari Jumat dari pukul 10.00 sampai 11.30 Wita dan Sabtu dari pukul 11.00 sampai dengan 13.30 Wita,” ucapnya.

RSD Idaman Kota Banjarbaru juga membuka pintu bagi pasien-pasien di puskemas untuk mendapatkam fasilitas ini. Yakni dengan membawa surat pengantar dengan keterangan *Skrining Baksos Operasi Katarak*.

Adapun untuk kuota pada baksos kali ini ialah sebanyak 50 pasien. Secara teknis, jika kuota sudah terpenuhi maka pendaftaran akan ditutup.

Rencananya, untuk pelaksanaan operasi katarak akan dilakukan dari tanggal 12 -14 Desember 2022. Bagi masyarakat yang memiliki pertanyaan dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor 0852-4959-5789.

Baca Juga