Mobil Road Sweeper Difungsikan di Haul Abah Guru Sekumpul

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar mendapat hadiah menggembirakan awal 2019 berkat Adipura Tahun 2018. Mobil penyapu debu jalan atau road sweeper itu berasal dari Provinsi Kalsel yang diserahkan kepada Bupati Banjar H Khalilurrahman di Apel Gabungan ANS, Senin (7/1) pagi.

“Bantuan mobil ini memang saya yang meminta langsung, saya bicara dengan Gubenur Kalsel H Sahbirin Noor. Saya tunjukan contohnya agar pak gubernur dapat memberikan bantuan mobil ini ke kabupaten banjar, ” ungkap Guru Khalil.

Dijelaskannya, bantuan mobil penyapu debu jalan (road sweeper) merupakan hasil kerja keras Pemerintah Daerah dan menyaksikan langsung ke pabriknya yang berada di Tangerang.

BACA JUGA :  Masa Pandemi PDAM Berikan Relaksasi Tagihan

mobil penyapu debu jalan fungsinya sangat banyak. Salah satunya menyedot debu jalan serta mengambil lumpur yang ada di drainase, bahkan di sisi trotoar pun dapat dibersihkan. “Ayo kita sama-sama mempertahankan Adipura setelah ada fasilitas baru,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boyke W Tristiyanto menyatakan, segera melatih operator mobil penyapu debu jalan. Sebanyak 3 operator yang akan mengikuti latihan supaya mampu mengoperasikan alat tersebut dengan baik.

“Kita mohon ke provinsi agar diadakan pelatihan. Rencananya ada tiga daerah yang mengirim operator yaitu Banjar, Banjarmasin dan Banjarbaru. Tiga daerah ini sama-sama menerima bantuan,” ungkapnya.

Mobil Road Sweeper segera difungsikan ketika digelar Haul Abah Guru Sekumpul ke-14 pada Maret 2019 akan datang. Dengan catatan, bukan untuk sampah yang masif. Pemanfaatan ini, khusus di jalan raya, pasalnya bila sumber daya manusia yang membersihkan jalan raya akan berbahaya.

BACA JUGA :  Hitung Ulang Insentif Guru Terpencil

Penerima Adiwiyata Provinsi Tahun 2018 : SDN Gambut 5, SDN Tatah Pemangkih Laut 1, SDN Tatah Belayung Baru, SDN Tatah Pemangkih Tengah, SDN Bincau 1, SDN Pasayangan 1, SDN Pematang Danau 2, SMPN 2 Sambung Makmur, SMPN 3 Cintapuri Darussalam, SMPN 4 Mataraman, SMPN 1 Aranio, SMPN 2 Martapura Barat.

Penerima Adiwiyata Mandiri Tahun 2018 : SDN Keraton 1 Martapura dan SD Mitra Kasih Kertak Hanyar

Baca Juga