Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. HPSN 2019 Diisi Bersih-Bersih Taman CBS Martapura

HPSN 2019 Diisi Bersih-Bersih Taman CBS Martapura

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Hari Sampah Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 digelar dengan kerja bakti di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura dan Pasar Martapura, Selasa (19/2) pagi. Gotong royong ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar bersinergi dengan Kodim 1006/Martapura dan Polres Banjar.

HPSN dipicu oleh sebuah tragedi memilukan. Longsornya sampah di TPU Leuwigajah pada tanggal 21 Februari 2005 silam. Musibah itu akibat buruknya pengelolaan sampah sehingga mengobarkan 150 orang.

BACA JUGA :  Memasuki Tahun Politik, Guru Khalil Imbau Warga Jaga Keamanan

WhatsApp Image 2019 02 19 at 12.22.17

“Tragedi ini membunuh nyawa manusia. Setelah kejadian itu ada gerakan untuk mengurangi sampah, kemudian juga ada gerakan peduli sampah serta memerhatikan dalam bentuk pendanaan yang baik untuk mengelola TPA,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjar Boyke W Triestiyanto.

Boyke juga menuturkan, untuk Kabupaten Banjar saat ini telah banyak memiliki tempat untuk memperbaharui sampah. Ada bank sampah di TPA juga ada pemilahan. Jadi sampah yang dibawa ke TPA tidak langsung dibuang tapi juga masih tetap di proses.

BACA JUGA :  RSD Idaman Banjarbaru Siapkan 2 Unit Sepeda Motor Untuk Jalan Santai.

Bupati Banjar H Khalilurrahman bersyukur,  Pemkab Banjar makin kompak dengan TNI dan Polri dalam kerja bakti peduli sampah. Pemerintah Daerah menjadi contoh, itu jadi acuan bagi masyarakat dapat berkolaborasi, saling mendukung dalam pengolahan sampah.(sairi)

Baca Juga