Luar Biasa, Kabupaten Banjar Pertahankan Adipura 7 Kali dan Berurutan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kabupaten Banjar menerima penghargaan Adipura Tahun 2018. Trofi ke-7 selama supremasi kebersihan itu digelar sangat membanggakan.

Wakil Presiden jusuf Kalla serahkan Adipura kepada Bupati Banjar H Khalilurrahman

Hebatnya, anuegrah itu diterima berturut-turut sepanjang tahun 2012 – 2018. Kabupaten Banjar meraih Adipura untuk kategori kota kecil.

Piala Adipura diserahkan oleh Wakil Presiden HM Yusuf Kalla beserta Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Wahana Manggala Bhakti,  Kementerian Lingkungan Hidup, di Jakarta Senin (14/1/2019) siang.

Program Adipura salah satu instrumen pemerintah mendorong implementasi kebijakan lingkungan. Salah satu pendekatannya adalah wilayah, implementasi kebijakan persampahan dan implementasi kebijakan penghijauan.

Bupati Banjar H Khalilurrahman bersyukur setelah menerima anugerah Adipura 2018. Ia menyatakan bangga kepada warga Kabupaten Banjar yang mendukung upaya pemerintah menjaga lingkungan.

Menurutnya, penghargaan Adipura yang diperoleh Kabupaten Banjar ini merupakan peran seluruh komponen,  baik pemerintah swasta maupun masyarakat.

Ia berharap, penerapan dan pengelolaan persampahan lebih maju dengan Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R) di Kabupaten Banjar.

“Alhamdulillah kita kembali memperoleh anugerah Adipura untuk ketujuh kalinya. Semua berkat upaya kita semua,” ujar bupati yang didampingi Ketua TP PKK Banjar Hj Raudathul Wardiyah,  Sekda Banjar H Nasrunsyah,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boyke W Triestiyanto, Kadis Kominfo  Statistik dan Persandian HM Farid Soufian, Kadis Kesehatan Ikhwansyah dan sejumlah kepala dinas lainnya.

Rasa syukur juga diucapkan oleh Sekda Banjar H Nasrun Syah, untuk ke-7 kali secara berurutan Banjar mendapat Adipura.

Ungkapan terima kasih harus disampaikan kepada masyarakat dan petugas lapangan. Adipura adalah penyemangat menjaga kebersihan Martapura lebih baik lagi terutama pengelolaan sampahnya.

Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boyke Banjar Boyke W Triestiyanto menyatakan,  sebuah penghargaan satu bukti semua elemen Kabupaten Banjar sangat kompak.

BACA JUGA :  PN Martapura Rusuh, Terdengar 3 Kali Ledakan

Tujuannya, memelihara lingkungan dan berperan dalam keberhasilan memperoleh anugerah Adipura.“Tidak cukup Dinas Lingkungan Hidup,  namun juga dinas lainnya, termasuk kecamatan,  desa bahkan masyarakat turut andil dalam keberhasilan ini, ” harapnya.

Sementara itu, Siti Nurbaya Bakar menyebutkan,  pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan Adipura untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi kota bersih dan teduh.

Periode 2017-2018 ini anugerah Adipura diberikan kepada 369 kabupaten dan kota yang dinilai dari 512 kabupaten dan kota. Satu Kota Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat, 5 Plakat Adipura, 11 Penghargaan Inovasi  Pembatasan Kantong Plastik.

 

Ada pula Nirwasita Tantra Award Green Leadership 2018 untuk tiga gubernur,  tiga bupati dan tiga walikota Ketua DPRD.

Dikatakan,  salah satu kriteria penilaian anugerah Adipura adalah implementasi amanat UU nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah.

Pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen pada 2025. Kementerian terus mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu ke hilir.

  • Ketua DPRD Banjar Rusli, S.AP, MM.
“Alhamdulillah kita masih bisa mempertahankan Adipura ke-7. Wajib bagi kita mempertahankan prestasi ini dengan komitmen bersama legislatif dan eksekutif yang tetap seimbang. Saya atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD Banjar mengucapkan selamat dan semoga tahun depan kembali menerima Adipura”
  • Sekda Banjar Ir. H. Nasrun Syah, MP
“Terima kasih seluruh masyarakat Kabupaten Banjar, swasta, dan teman-teman di Pemkab Banjar telah bekerja keras. Perolehan adipura ini adalah semangat agar kebersihan Martapura lebih baik lagi terutama pengelolaan sampahnya. Ayo lebih semangat meningkatkan kualitas adipura menjadi kencana!”
  • Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, SH, SIK, MH
BACA JUGA :  Tambah Reyot dan Mau Ambruk, Koramil Gambut Bedah Rumah Kai Anwar
“Kami keluarga besar Polres Banjar ‘Samuak Saliur’ merasa bangga atas torehan prestasi berturut-turut sebanyak 7 kali. Semoga Kabupaten Banjar semakin Indah, bersih, nyaman, aman, sejahtera dan barokah”
  • Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, S.I.P., M.M., M.I.Pol
“Saya mengajak masyarakat  meningkatkan rasa peduli dengan kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Tanpa peran aktif masyarakat, anugerah bergengsi ini sulit dipertahankan. Mari kita galakkan pola hidup bersih dan mengurangi sampah. Mempertahankan lebih sulit dari pada meraih, Kodim 1006 Martapura mendukung semua program untuk mempertahankan Adipura”
  • Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar Muji Martopo SH. M. HUM.
“Penghargaan Adipura 7 kali berturut-turut perlu diapresiasi. Semua terwujud karena kerja sama yang luar biasa dari seluruh lapisan  masyarakat dan jajaran pemerintah Kabupaten  Banjar. Dengan penghargaan ini semoga Kabupaten Banjar semakin indah, bersih dan nyaman. Sekali lagi selamat dan sukses selalu untuk Kabupaten Banjar”
  • Kepala Pengadilan Negeri Martapura Sutiyono, SH
“Kami mengajak warga Kabupaten Banjar lebih peduli dengan lingkungan. Penghargaan Adipura ke-7 adalah langkah nyata bentuk kepedulian tadi, tapi peran masyarakat tetap didorong dan atas kesadaran itu kota ini menjadi bersih”
  • Kepala Pengadilan Agama Martapura Dr. Sugiri Permana, S.Ag., M.H.
“Selamat untuk Pemkab Banjar beserta seluruh masyakarat yang sudah bahu membahu dan sukses memperoleh penghargaan Adipura ke-7 secara berturut-turut. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan peran aktif semua elemen masyarakat Banjar. Kabupaten Banjar memang luar biasa”

Baca Juga