PD Baramarta Salurkan Bantuan 500 Sembako Kepada Korban Banjir

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Hingga saat ini belasan desa di 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar, yakni Kecamatan Astambul, Karang Intan, Martapura, Martapura Barat, dan Martapura Timur, serta Kecamatan Sungai Tabuk masih terendam akibat tingginya intensitas curah hujan yang menyebabkan air Sungai Martapura meluap.

Dalam hal ini, Direktur Perusahaan Daerah (PD) Baramarta Kabupaten Banjar, yakni Rachman Agus bersama jajarannya pun terjun langsung ke 5 desa di Kecamatan Martapura Timur yang terdampak banjir untuk membagikan 500 paket sembako kepada warga yang terkena bencana banjir, meski di bawah lebatnya guyuran air hujan pada, Kamis (7/1/2021).

“Kita merasa prihatin melihat kondisi saudara kita di beberapa desa yang terdampak banjir hampir dua pekan ini. Karena itu lah, kami dari PD Baramarta berupaya menyalurkan bantuan logistik berupa paket sembako kepada warga yang terdampak banjir di 5 desa yang ada di Kecamatan Martapura Timur,” ujarnya kepada beberapa awak media.

Dengan disalurkannya bantuan tersebut, Rachman Agus pun berharap, setidaknya dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak banjir.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi warga yang terdampak, seperti warga di Desa Dalam Pagar Ulu, Desa Keramat, dan Desa Keramat Baru, Kecamatan Martapura Timur. Nantinya, kita pun akan meninjau beberapa desa yang ada di kecamatan lainnya yang terdampak banjir,” katanya.

Usai menerima bantuan logistik berupa paket sembako secara simbolis dari Direktur PD Baramarta, Kepala Desa Dalam Pagar Ulu, H Mashudi didampingi Kasyful Anwar selaku Kaur Keuangan, mengucapkan ribuan terimakasihnya. Mengingat, banjir dari luapan air Sungai Martapura sudah selama 10 hari melanda warga.

“Terdata sebanyak 74 unit rumah ditiga RT, Desa Dalam Pagar Ulu terdampak banjir. Musibah banjir ini tentunya sangat mengganggu aktivitas warga sehari-hari, dan tentunya juga akan berdampak pada sektor pertanian warga yang mestinya pada bulan ini masyarakat mulai melakukan aktivitas pertaniannya,” bebernya.

Adanya bantuan berupa paket sembako tersebut, dikatakan Mashudi, tentunya dirasakan sangat membantu warga.

“Alhamdulillah ada bantuan dari paket sembako dari PD Baramarta, yang mana sebelumnya bantuan serupa pun juga telah disalurkan Bank Kalsel,” tuturnya.

Hal serupa pun dilontarkan Said Syekh, Kepala Desa Keramat, Kecamatan Martapura Timur usai menerima bantuan paket sembako di Kantor Desa Keramat.

“Saya mewakili warga Desa Keramat, mengucapkan terimakasih atas disalurkannya bantuan ini. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi warga yang saat ini terdampak banjir, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang tentunya sangat berdampak kepada perekonomian warga,” ungkapnya.

Said Syekh pun menambahkan, di Desa Keramat terdata sekitar 350 lebih Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir dengan ketinggian air bervariasi mulai dari 10 – 30 Cm.

“Sebagian warga yang rumahnya terendam lebih parah, mereka mengungsi di rumah kerabat dekatnya yang ada disekitar desa ini juga. Sedangkan, bagi masyarakat yang terserang penyakit kulit seperti gatal-gatal dan kutu air, biasanya akan dilarikan ke bidan desa untuk mendapat pengobatan,” jelasnya.

Selanjutnya bantuan logistik berupa paket sembako pun kembali disalurkan PD Baramarta secara simbolis ke 4 RT di Desa Keramat Baru, Kecamatan Martapura Timur yang langsung diterima Nurul Atiah selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Keramat Baru yang terdata sebanyak 53 unit rumah terendam banjir.

TERBARU

Pemkab Tanbu Akan Sosialisasikan PPKM di 12 Kecamatan

0
BATULICIN,headline9.com - Seluruh SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu akan memulai lagi mensosialisasikan kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan peserta para...

Update Kasus Covid-19 Di Tanbu 51 Orang Sembuh dan Terkonfirmasi 7 Orang

0
BATULICIN,headline9.com – Data Update terakhir perkembangan kasus konfirmasi Covid 19 di Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu 02/08/21. Juru bicara Satuan...

Kementerian Kominfo Tanbu Gelar Webinar Literasi Digital.

0
BATULICIN,headline9.com - Sesuai dengan arahan Prisiden RI melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung...

Terima Bantuan Kumham Peduli, Lapas Kelas IIB Banjarbaru Salurkan 72 Paket Bantuan Kepada Masyarakat...

0
HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Kemenkumham berupaya membantu masyarakat dengan menyalurkan lebih dari 46 ribu paket secara nasional, serentak kepada masyarakat di seluruh Indonesia,...

TNI AL – Lanal Banjarmasin Jalani Hari Kelima Gelar Serbuan Vaksinasi di Sungai Tabuk...

0
HEADLINE9.COM, BANJARMASIN - Sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalsel, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin terus menerus menggelar program Serbuan...

TAG TERKAIT