Terungkap, Fase Booming Makam Harum Telok Selong Menurun

MAKAM HARUM : Tingkat Kunjungan makin menurun, hanya ramai tiap akhir pekan

HEADLINE9, MARTAPURA  -Sempat heboh dan menggemparkan di akhir 2017, kini kondisi makam tua yang dikabarkan harum justru sepi peziarah. Kuburan kuno yang dipercaya berusia ratusan tahun di Telok Selong, Kecamatan Martapura Barat sempat dikunjungi sekitar seribu peziarah. Namun, setelah diperbaiki dan direhabilitasi secara swadaya justru pengunjung makin minim.

Minimnya pengunjung di pekuburan yang terletak sekitar 200 meter dari Rumah Adat Banjar Bumbungan Tinggi Telok Selong dibenarkan oleh Abdul Fattah (37) tahun.

“Sekarang makin jarang pengunjung berziarah ke sini (kuburan harum, red) tidak seperti waktu ditemukan di akhir tahun tadi,” ungkap penjaga parkir makam tersebut, Minggu (16/9) siang.

Pengunjung bisa dihitung dengan jari, itu pun hari tertentu saja seperti akhir pekan. Sebagian besar justru dari luar kota yang datang berombongan menggunakan bus besar. Pendapatan pengelola dari sisi parkir sangat sedikit, padahal dari parkir peziarah bisa merawat makam tersebut. Kemungkinan, ujarnya karena belum diketahui secara pasti siapa saja yang dikubur di makam harum tersebut, bahkan instansi terkait tidak bisa memastikan.(SR)