Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Ikan Kaleng Hasil Nelayan Tanbu Bakal di Luncurkan

Ikan Kaleng Hasil Nelayan Tanbu Bakal di Luncurkan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Perikanan dalam waktu dekat akan segera melaunching produk khas unggulan daerah yakni pengalengan ikan tenggiri yang akan di pasarkan ke seluruh ritel yang ada diwilayah Kabupaten Tanbu.

Adapun produksi pengalengan ikan dilakukan disentra pengolahan perikanan milik pemerintah daerah yang berlokasi di Kecamatan Kusan Hilir.

Kepala Dinas Perikanan Tanbu, H Dahliansayah, Sabtu (1/4) di Batulicin mengatakan, ini merupakan salah satu inovasi dan terobosan yang dilakukan dalam mewujudkan program visi-misi Bupati dr.HM. Zairullah Azhar untuk meningkatkan perekonomian bagi nelayan dan pelaku usaha di Bumi Bersujud.

BACA JUGA :  Pemkab Tanbu Ikuti Koordinasi Pemeriksaan LKKL dan LKPD di Lingkungan AKN VI

“Saat ini ada dua jenis produk pengalengan ikan yang sudah siap untuk kita pasarkan yakni pengalengan ikan tenggiri asam manis, dan sambal goreng tenggiri kacang,” Ungkapnya.

Untuk tahap awal, sudah diproduksi sebanyak 500 kaleng, dan kedepan akan diproduksi lebih banyak lagi dan siap untuk dipasarkan di wilayah Tanbu maupun keluar daerah.

Produk pengalengan ikan yang dilakukan ini sudah melalui beberapa tahap proses uji laboratorium terkait ketahanan atau kadaluarsa produk pengalengan ikan tersebut, dan hasilnya memuaskan, produk pengalengan ikan ini mampu bertahan hingga satu tahun tanpa bahan pengawet.

BACA JUGA :  Bupati Tanbu Bakal Naikan Insentif Kader Posyandu Guna Percepatan Penanganan Stunting

Untuk launching perdana akan dilakukan pada saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanbu ke-20 pada 8 April 2023, sekaligus memperkenalkan produk pengalengan ikan yang ada di Tanbu ke masyarakat dan tamu dari luar daerah, serta kado spesial ulang tahun Bupati dr. HM. Zairullah Azhar yang ke-69 Tahun.

Diharapkan kedepannya pengalengan ikan ini berkembang, sehingga para pelaku UMKM di Tanbu dapat turut serta mengolah dan memasarkan produk pengalengan ikan ini, sehingga perekonomian masyarakat meningkat,” pungkasnya. (MHL)

Baca Juga