Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Jelang Lebaran, Paman Birin Buka Pasar Murah di Banjarbaru

Jelang Lebaran, Paman Birin Buka Pasar Murah di Banjarbaru

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel menggelar Pasar Murah Ramadan 1444 Hijriah di Banjarbaru,  dibuka Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin pada Senin (17/4).

Pasar murah yang hanya berlangsung satu hari ini menyediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga relatif murah seperti beras, daging ayam ras, telur, bawang merah, bawang putih, tepung terigu, ikan, minyak goreng, gula, dan lainnya.

Antusias warga dalam membeli aneka kebutuhan pokok di pasar murah ini cukup tinggi.

Menurut Paman Birin, keberadaan pasar murah ini efektif membantu masyarakat terutama yang kurang mampu, untuk bisa membeli bahan kebutuhan pokok dengan harga jauh lebih murah, serta menumbuhkan rasa saling menolong dan membantu sesama.

BACA JUGA :  Paman Birin Terima Rekomendasi DPRD atas LKPj 2023, Perbaikan Kinerja Pemerintahan dan Pembangunan

Keberadaan pasar murah juga merupakan bukti tindakan nyata dalam menghadapi ancaman inflasi yang kerap terjadi setiap momentum seperti waktu mendekati lebaran atau hari raya idul fitri.

“Setiap tahun memang begini, mestinya disiapkan antisipasi lebih tajam lagi,” ujar Paman Birin.

Pasar Murah Ramadan 1444 Hijriah ini diikuti oleh 32 pedagang atau stand, hasil kerjasama dengan dinas perkebunan dan peternakan, dinas perdagangan lingkup Pemprov Kalsel serta stakeholder lain seperti Bulog Kalsel dan Bank Indonesia (BI). Harganya jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran, karena ada subsidi pemerintah.

BACA JUGA :  Temuan Kayu Tak Bertuan

Paman Birin turut berpartisipasi dalam acara ini dengan membeli sejumlah barang dan meminta tiap kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel, minimal belanja di tempat ini Rp500.000.

Toko tani juga diaktifkan kembali oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel di area kantor untuk memberikan kesempatan masyarakat membeli pangan murah.

Pembukaan Pasar Murah Ramadan 1444 Hijriah itu dihadiri Wakil Walikota Banjarbaru Wartono serta pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kalsel.

Dalam pembukaan Pasar Murah Ramadan 1444 Hijriah itu, Paman Birin juga menyerahkan bantuan paket kepada petugas kebersihan dan warga Banjarbaru lainnya

Baca Juga