Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Tanggapi Keluhan Warga Pintu Air, PUPRP Banjar Bangun Drainase

Tanggapi Keluhan Warga Pintu Air, PUPRP Banjar Bangun Drainase

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Tanggapi usulan warga Jalan Pintu Air terkait genangan air saat hujan, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar, melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) lakukan pembangunan drainase, Selasa 16 Mei.

Dari pantauan Headline9.com, drainase yang dikerjakan oleh Bidang SDA sepanjang 289 meter tersebut, telah dilakukan penggalian dan pemasangan pondasi batu sebagai dasar. Tumpukan material juga terlihat dihalaman warga.

“Kami lakukan pengerjaan bertahap dulu, agar tidak membahayakan masyarakat yang melintas, pasalnya di sana jika malam agak gelap. Jadi kami lakukan penggalian bertahap, setelah U-Ditch (produk beton pracetak yang dibuat menyerupai huruf U, red) datang dari pesanan baru kami pasang dan dikerjakan ke arah sungai,” ujar Kabid SDA, Iwan Junaidi kepada Headline9.com pada, Senin 15 Mei lalu.

BACA JUGA :  Babinsa Pengaron Bangun Jamban Sehat

Proyek pembangunan drainase tersebut menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banjar, senilai Rp626.355.000 dengan masa pengerjaan 120 hari kalender, serta pemeliharaan 180 hari kalender.

“Proyek ini sudah berjalan beberapa pekan, namun sempat terhenti karena Hari Raya Idul Fitri dan dilanjutkan setelahnya, tepatnya pada Sabtu 6 Mei lalu,” ucapnya.

BACA JUGA :  Tatah Makmur Tuan Rumah MTQ Tahun 2019

Iwan menjelaskan, pembangunan tersebut berdasarkan usulan dari masyarakat, di mana daerah tersebut sering terjadi genangan air saat hujan yang mengganggu lalu lintas pengendara roda 2 dan roda 4 di sana.

“Pengerjaan ini kita lalukan dari permintaan warga, dan untuk proses pengerjaan nanti akan kita perbaiki jika ada bekas kerukan yang mengenai bangunan milik warga,” pungkasnya.

Reporter: Mada Al Madani
Editor: Lintang

Baca Juga