Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Banjar Laksanakan Peringatan Hardiknas dan OTDA

Banjar Laksanakan Peringatan Hardiknas dan OTDA

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke 27 Tahun 2023, di halaman Kantor Bupati Banjar, Selasa (02/52023) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Sekda Banjar HM Hilman. Turut hadir para Asisten, Staf Ahli, kepala SKPD, Forkopimda dan Direktur Perusda serta diikuti instansi terkait dan para pelajar.

Amanat tertulis Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim, yang dibacakan Sekda Banjar HM Hilman, hari pendidikan nasional tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi.

BACA JUGA :  Gugus Tugas Terus Telusuri Penyebaran Covid-19

Dikatakan, selama tiga tahun terakhir perubahan besar terjadi,baik dari ujung barat sampai keujung timur Indonesia.

”Para guru sekarang berlomba-lomba dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar. Selain itu, guru-guru dulu yang diikat berbagai peraturan kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka,” ungkapnya.

Dasi segi pendanaan pencairan langsung Dana Bantuan Operasional (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel lanjutnya, telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, mekanisme Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan- gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya.

BACA JUGA :  Nama 45 Anggota DPRD Banjar Telah Sah

Sementara itu Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, terkait Pilkada Serentak 2024 mengajak seluruh kepala daerah agar bersinergi dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan serta memperhatikan indikator keberhasilan pemilu.

Diakhir upacara dilakukan penyerahan piagam penghargaan dari Disdik Banjar kepada sejumlah sekolah penggerak angkatan 3 yakni TK Assalam Kecamatan Martapura, SDN Tungkaran Martapura, SMPN 1 dan SMPN 3 Martapura serta guru penggerak angkatan 6 atas nama Abdurrahman dari SDN Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk, serta piagam penghargaan pelaksana implementasi Kurikulum Merdeka Berbagi Tahun Pelajaran 2023/2024 kepada SDN Sungai Lulut 2 Sungai Tabuk.

Baca Juga