Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Admin E-lapor SKPD Diminta Lebih Responsif

Admin E-lapor SKPD Diminta Lebih Responsif

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) selenggarakan Rapat Koordinasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) bersama jajaran Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanah Bumbu di Kantor Diskominfo SP, Gunung Tinggi, Batulicin,  Kamis, (25/5/2023)

Kegiatan rakoor ini bertemakan “Mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya melalui penguatan semangat akuntabilitas pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat”.

Seperti yang diketahui, LAPOR! Telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

BACA JUGA :  Tanbu Juara Satu Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kalsel

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Diskominfo SP, Akhmad Salehuddin menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan agar tidak ada alasan untuk menunda atau merespon pengaduan secara cepat dan tanggap. Indikator kecepatan dan ketanggapan SKPD terhadap pengaduan masyarakat ialah pada layanan Aplikasi E-lapor.

Ia berharap melalui kegiatan ini para Admin E-Lapor di setiap SKPD harus lebih responsif, harus menanggapi semua laporan sesuai dengan SOP dari SKPD masing-masing.

“Saya harap para Admin harus responsif terhadap laporan itu. Orang bisa mengukur bahwa SKPD itu bekerja ialah dengan pelayanan Lapor itu. Semakin banyak laporan yang terselesaikan dengan jawaban solusi, maka tentu pelayanannya semakin baik,” tuturnya.

BACA JUGA :  Zairullah Bersilaturahmi Dengan CHJ Sekaligus Sholat Hajat dan Dhuha Berjamaah

Hadir sebagai Narasumber, Sekretaris Diskominfo SP Amad Subari yang dalam kesempatan itu menyampaikan tentang pentingnya layanan E-Lapor bagi kinerja SKPD.

Subari juga membimbing kepada Admin SKPD yang baru tentang tata cara penggunaan layanan E-Lapor di nomor telepon, Website, dan Twitter sehingga semua pengaduan masyarakat bisa terlayani dengan baik

Baca Juga