Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Tingkatkan Ekonomi Desa, Bank Kalsel Sosialisasikan Program Pinjaman

Tingkatkan Ekonomi Desa, Bank Kalsel Sosialisasikan Program Pinjaman

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, Balangan – Bank Kalsel Cabang Paringin, adakan sosialisasi program perkreditan bagi kelembagaan desa yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di Pasar Budaya Racah Mampulang, Desa Balida, Paringin, Kamis (22/6/2023).

Adapun kegiatan ini dilakukan atas kerja sama dari Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Banjarmasin, dari UPT Pelaksana Teknis Kementerian Desa yang bergerak dibagian pelatihan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Selain itu, tujuan dari kegiatan ini juga untuk melakukan penyuluhan dalam pemberdayaan pembiayaan dan program kerja sama BUMDes, untuk pinjaman dengan jenis modal Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Ditemui usai acara, Staf Pemasar UMK KC Paringin, Andrean Sajidin mengatakan, melalui kerja sama tersebut, selain mempermudah akses perbankan bagi masyarakat desa, juga upaya Bank Kalsel mendukung pelaksanaan pembangunan perekonomian desa, khususnya di Kabupaten Balangan.

BACA JUGA :  DPRD Gelar Paripurna Hari Jadi ke-20 Tahun Kabupaten Balangan

Yang mana salah satu syarat peminjaman modal usaha bagi BUMDes, yaitu harus memiliki sertifikat badan hukum yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

“Harapannya untuk meningkatkan usaha di desa agar menjadi berkembang dan kami dari Bank Kalsel siap memfasilitasi pembiayaan untuk kegiatan BUMDes dalam menambah modal kerja serta usaha itu sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Penggerak Swadaya Masyarakat, Deni Setiadi Praja, mengatakan pendampingan dari alumni pelatihan pengelolaan BUMDes di Kabupaten Balangan ini sebelumnya telah dilakukan pelatihan, khususnya terkait strategi pemasaran BUMDes.

BACA JUGA :  Dukung Program Pencegahan Stunting, Pemdes Lajar Gelar Posyandu

Kemudian pada hari kedua pihaknya juga melibatkan Bank Kalsel Cabang Paringin dalam pendampingan, agar BUMDes bisa mengetahui informasi penambahan modal usaha maupun perkreditan di bidang KUR.

“Kita melibatkan Bank Kalsel sebagai upaya agar BUMDes bisa menambah dari sisi permodalan usahanya melalui pinjaman kepada pihak perbankan,” ujarnya.

Terakhir, Deni berharap alumni dari pelatihan BUMDes ini bisa lebih memilih strategi pemasaran yang pas dan disesuaikan dengan produk barang atau jasa yang dikelola oleh BUMDes tersebut.

Baca Juga