Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Bappedalitbang Banjar Selenggarakan Lomba HUT Kabupaten Banjar ke73, PT. BBP…

Bappedalitbang Banjar Selenggarakan Lomba HUT Kabupaten Banjar ke73, PT. BBP Raih Juara I

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – PT. Banjar Bumi Persada (BBP) raih juara I Inovasi Daerah Kabupaten Banjar kategori Umum/Masyarakat melalui program Agriculture Go and Act Now (AGAN) yang diselenggarakan Bappedalitbang Banjar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke73 Kabupaten Banjar, Senin (14/8/2023) pagi.

PT. BBP menjadi salah satu perusahaan yang menjadi pelopor dalam melakukan perubahan sosial dan lingkungan di tingkat masyarakat yang ada di Kabupaten Banjar, pada 3 (tiga) Kecamatan, seperti Kecamatan Simpang Empat, Mataraman dan Cintapuri Darussalam.

“Program dengan nama (AGAN atau Agriculture Go and Act Now, red). Telah dimulai pada tahun 2022, melalui program Farmer Filed Schools (FFS) melalui kurikulum pembelajaran selama 1 tahun, tiga kali pertemuan dengan beberapa topik pembelajaran secara terintegrasi tentang penanganan hama dan penyakit, budidaya tanaman, pembuatan pupuk alternatif dan lainnya. Program ini berhasil mengajak 109 petani melakukan perubahan mendasar bagaimana pola pertanian yang sesuai dengan pola dan sistem perubahan iklim,” tutur Catur usai menerima penghargaan.

Selain FFS, Catur menjelaskan PT BBP juga menginisiasi program dengan nama My GFS atau My Garden, My Food Safety yang juga menjadi perubahan mendasar bagi para ibu rumah tangga untuk berperan mengoptimalkan pekarangan rumah dalam pemenuhan gizi.

“My GFS ini dikelola oleh para Kelompok Wanita Tani (KWT) di dua desa utama ring 1, Desa Pematang Danau (Sungai Bokor), Kecamatan Mataraman dan Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat. Selain My GFS, Desa Bawahan Selan juga menjadi konsentrasi utama dalam pengembangan pertanian dengan kolaborasi bersama BUMDES sebagai promotornya dengan nama BUMDES Agro Solution,” jelasnya.

BACA JUGA :  FDK Nilai Eric Tohir Gagal Pulihkan Ekonomi

Lanjutnya, Desa Surian juga menjadi salah satu penerima inisiatif AGAN yang saat ini mengembangkan komoditi cabai sebagai penghasilan utama masyarakat. Belum lagi Desa Simpang Tiga yang juga menjadi penghasil beras dengan keberadaan kelompok Karya Mandiri yang juga ikut dalam FFS. Tumbuhnya minat masyarakat ini tentu saja menambah semangat dan kerja keras atas pencapaian PT BBP.

Penyerahan hadiah tersebut diserahkan langsung Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama Wakilnya Habib Idrus Al-Habsyie kepada staf PT BBP Oktaviano Catur Arya, di halaman kantor Bupati Banjar.

IMG 20230815 WA0023 1

Sementara di tempat terpisah, Public Relation PT BBP Nor Qomariyah, menambahkan AGAN menjadi salah satu core Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dalam aspek 3 terkait pendapatan riil dan pekerjaan dan juga aspek 4 dalam kemandirian ekonomi.

“Hingga saat ini kita telah berhasil mendorong inisiatif bersama Dinas Pertanian Kab. Banjar, Balai Penyuluh Pertanian di 3 Kecamatan, Mataraman, Simpang Empat dan Cintapuri Darussalam, P4S Patra Mandiri, dan YESS Program Kementan RI melalui SMK-PP Provinsi Kalimantan Selatan,” ucap Nor.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Buka Musrenbang RKPD 2024

Dijelaskannya, Keberhasilan ini terbukti bahwa land used masyarakat naik 90% dalam optimalisasi lahan, 30% petani mampu melakukan adaptasi perubahan iklim, 83% mampu membuat pupuk alternatif secara swadaya dan capaian panen beras dengan bibit unggul Cakra Buana saat ini mampu mencapai 1,5-4,8 ton/ ha. Sedangkan sayuran telah mencapai kisaran 20-25 Kg setiap panen terong dan sekitar 20 ikat sawi hijau ataupun kangkung, kacang panjang 8-10 Kg dalam sekali panen, dan lainnya.

“Belum lagi 40% para ibu rumah tangga yang tergabung dalam My GFS mampu mengurangi pengeluaran rumah tangga sebesar Rp 600.000/bulan. Ini menjadi bukti bagi kami untuk terus memberikan manfaat secara keberlanjutan terhadap petani yang berada di sekitar aea operasional PT BBP,” ungkap Nor.

Selain itu PT BBP juga mendapatkan penghargaan dalam kategori ’Best Practice in Economic Empowerment’ dari 24 perusahaan nasional yang masuk dalam nominasi penerima penghargaan seperti PT Pertamina Rokan Hulu, PT Pegadaian, PT Badak LNG, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), PT PLN Nusantara Power (PLN NP), PT Bumi Karsa, PT Great Giant Food (GGF) dan lainnya. Acara diselenggarakan oleh PT Olah Karsa dan IBCSD (Indonesia Business Council Development) pada 25 Juli 2023 lalu.

Reporter: Mada Al Madani
Editor: Nasrullah

Baca Juga