Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Pedagang Pasar Blauran Martapura Berbenah. Kubur Kesan ‘Harga Menganai’ dan…

Pedagang Pasar Blauran Martapura Berbenah. Kubur Kesan ‘Harga Menganai’ dan Bebas Zat Berbahaya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kabar baik untuk pelanggan penyuka kuliner. Sebanyak 40 pedagang Pasar Blauran, Martapura telah mencantumkan harga jual tiap menu. Usaha ini mencegah kesan “mengenai harga” yang sering jadi momok pembeli saat membayar. Bahkan, setelah diuji coba oleh Badan POM Banjarmasin, sebagian besar bahan masakan terbebas dari zat adiktif berbahaya seperti rhodamin B, formalin, boraks.

Hal itu terlihat ketika digelar pemeriksaan 35 sampel bahan makanan. Sekaligus penyerahan spanduk, daftar menu harga, serta bantuan celemek masak oleh Perusahaan Daerah Bauntung Batuah (PD PBB) bersama  Mandala Finance dan BPOM, di Pasar Blauran, kemarin. Kegiatan ini seperti kampanye, makan di blauran aman dan harga tidak kemahalan.

BACA JUGA :  Posko Induk Siapkan Jutaan Nasi Bungkus Untuk Jamaah Haul Guru Sekumpul

Dirut PD PBB Rusdiansyah mengajak pedagang menjual menu yang sehat. Dari semua sampel, terdapat empat bahan baku makanan yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Tapi, itu bukan dari pedagang, mereka juga membeli dari pihak lain. Temuan zat itu terdapat di terasi, opak kering, cumi cumi mentah asin, dan bahan pengembang yang telah lama dilarang edar.

“Kami minta pedagang tidak lagi membeli bahan-bahan itu untuk dijual setelah mereka mengetahui,” tambahnya.

BACA JUGA :  Guru khalil Minta Segera Cor Beton dan Siring Runtuh Dalam Pagar Segera Diatasi

Terkait kepastian harga, pedagang ujar Rusdi telah bersepakat dengan pedagang. Pasalnya, haul makin dekat, pembeli butuh kepastian harga. Aksi ini adalah pencegahan dari perilaku menaikan harga tanpa mencantum List harga. Nekat menjual harga melebihi kesepakatan, PD PBB ujarnya segera menegur, mencabut izin berjualan, dan menyegel tempat usaha.

“Kita akan berikan sanksi kepada pedagang yang menurunkan atau mencopot daftar harga menu. Kami akan ganti pedagang yang lebih komitmen dengan aturan,” ucapnya.

Baca Juga