Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. MTQ XVI Tingkat Kabupaten Balangan Resmi Dibuka

MTQ XVI Tingkat Kabupaten Balangan Resmi Dibuka

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, Balangan – Bupati Balangan Abdul Hadi mengahdiri acara pembukaan MTQ Nasional Kabupaten Balangan di Kecamatan Tebing Tinggi, Sabtu (19/8/2023).

Saat membuka acara MTQ Nasional Kabupaten Balangan, Bupati Balangan Abdul Hadi mengatakan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur’an dan menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat.

“Bagi kaum muslimin Al-Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman yang selalu aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal sejalan dengan fitrah manusia yang hanif,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa dalam menjalankan Al-Qur’an maka harus patut bahkan harus meneledani pribadi Nabi Muhammad SAW, yaitu kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Qur’an.

BACA JUGA :  Puluhan Kontingen Pramuka Kwarcab Balangan Dilepas

“Dalam MTQ ini juga nantinya akan tampil penghafal terbaik Al-Qur’an terbaik Bumi Sanggam, yaitu generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul,” ujarnya.

Abdul Hadi juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah kecamatan dan seluruh masyarakat Kecamatan Tebing Tinggi atas keramahan, kehangatan dan antusiasme menyambut penyelenggaraan MTQ Nasional ke-16 tingkat Kabupaten Balangan.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Sekaligus Camat Tebing Tinggi Nur Samidi, mengatakan kegiatan MTQ ini dilaksanakan selama tiga hari dari 19 hingga 21 Agustus 2023 tepatnya di Desa Sungsum, Kecamatan Tebing Tinggi.

BACA JUGA :  Masyarakat Antusias Berbelanja di Pasar Murah Desa Balang

“Cabang-cabang yang diperlombakan yaitu sebanyak 10 cabang, yaitu Tilawah Qur’an, Tahfiz jus 1-5, Tahfiz jus 10, 20 dan 30, Tahfiz tiga bahasa Qur’an, Qiraat Qur’an, Tartil Qur’an, Makalah Qur’an, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an dan Khat dengan total peserta 319 orang,” ujar Samidi.

Menurutnya, tujuan utama kegiatan MTQ ini merupakan ajang seleksi di tingkat kabupaten, yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat provinsi.

Baca Juga