Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Lepas Peserta Pelatihan, Bupati Harapkan Angka Pengangguran di Balangan Turun

Lepas Peserta Pelatihan, Bupati Harapkan Angka Pengangguran di Balangan Turun

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Bupati Balangan, Abdul Hadi resmi melepas 1.609 peserta pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja program Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (DPMPTSTTK), di halaman Kantor Bupati, Paringin Selatan, Selasa (24/10/2024).

Pelepasan ditandai dengan penyematan alat kelengkapan kerja secara simbolis oleh Bupati Balangan kepada peserta pelatihan. 

Bupati Balangan, Abdul Hadi, mengatakan setelah mengikuti pelatihan dan menerima sertifikat maka data peserta akan dikumpulkan dalam database tenaga kerja Kabupaten Balangan.

Yang mana nantinya data tersebut akan diserahkan kepada sejumlah perusahaan swasta besar yang beroperasi di Kabupaten Balangan.

BACA JUGA :  Jelang Lebaran Idul Fitri, DKUKMPP Balangan Gelar Bazar Bahan Pokok

“Dengan adanya database, perusahaan-perusahaan besar swasta yang memerlukan tenaga kerja bisa mengambil dari para pemuda pemudi yang sudah kita latih dan mendapat sertifikat,” katanya.

Abdul Hadi mengharapkan dengan adanya program ini angka pengangguran terbuka di Kabupaten Balangan bisa turun, target RPJMD dapat terpenuhi serta visi misi kepala daerah bisa terlaksana.

Sementara itu, Kepala DPMPTSPTTK Balangan, Akhriani, dalam laporannya menyampaikan dari 1.609 peserta ini terbagi atas 12 jurusan pelatihan.

BACA JUGA :  98 Guru PPPK di Balangan Berhasil Lulus Seleksi

Adapun 12 jurusan tersebut yaitu pelatihan operator alat berat buldozer, excavator, mini HD, operator tronton roda 10, pelatihan sarana roda 4 dan sertifikasi tenaga kerja berstandar perusahaan (Sertifikasi BNSP).

Kemudian pelatihan dan sertifikasi bidang teknik pertambangan, alat berat, teknologi informasi, digital marketing bagi UMKM, pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja cleaning service serta security.

“Kita hanya memberikan pelatihan secara gratis dan mempersiapkan mereka agar terampil dalam bekerja,” ujar Akhriani.

Baca Juga