Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Semarak Kemerdekaan, Desa Kupang Gelar Lomba Masak

Semarak Kemerdekaan, Desa Kupang Gelar Lomba Masak

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Pemerintah Desa Kupang adakan lomba memasak, dalam rangka perayaan kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, yang berlangsung di Aula Gedung Desa Kupang, Kecamatan Lampihong, Minggu (20/8/2023).

Dengan penuh semangat, para ibu rumah tangga dan remaja desa tampak memadati Aula Desa Kupang untuk mengikuti lomba tersebut.

Pada lomba ini, peserta diberikan tugas untuk mengolah bahan makanan lokal dengan kreativitas agar menghasilkan hidangan yang sehat yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Jumlah peserta sendiri terbagi menjadi enam kelompok dengan satu kelompok masing-masing beranggotakan tiga orang.

Diketahui, kegiatan lomba memasak ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah stunting dan meningkatkan kesadaran akan gizi seimbang serta menginspirasi para ibu dalam memasak hidangan yang mampu mendukung pertumbuhan anak secara optimal.

BACA JUGA :  Umroh Gratis dari Pemkab Balangan Untuk Petugas Kebersihan Terbaik

Hadir dalam kegiatan, Ketua TP PKK Kecamatan Lampihong, Neneng Herawati, unsur Forkopimcam, Ketua TP PKK Desa Kupang serta masyarakat setempat.

Ketua TP PKK Desa Kupang, Ernawati, mengungkapkan kegiatan ini ditujukan agar orang tua khususnya para ibu bisa mengolah makanan dengan berbagai menu varian menarik untuk dihidangkan.

Ernawati juga menyebutkan ada beberapa jenis makanan yang disajikan pada lomba tersebut, mulai dari olahan ikan gabus, umbi-umbian dan sayur dengan beraneka warna serta buah-buahan.

“Jadi kami mengadakan acara ini supaya ibu-ibu yang mempunyai balita maupun ibu hamil tahu bahwa ini adalah contoh makanan yang nantinya bisa dikonsumsi agar terhindar dari stunting,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Lampihong, Neneng Herawati sangat mengapresiasi dan mendukung dengan adanya lomba ini.

BACA JUGA :  Sisir Pelosok Desa, BIN Kalsel Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Balangan

Neneng juga menjelaskan ada beberapa poin yang dinilai dari lomba memasak, mulai dari yang sangat variatif sampai dengan kelengkapan gizi untuk kebutuhan dan perkembangan anak.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memotivasi desa lain, sehingga Kecamatan Lampihong bisa menjadi salah satu kecamatan yang melawan stunting,” harapnya.

Adapun Kepala Puskesmas Lampihong, Linda, menerangkan bahwa stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.

“Dengan adanya lomba memasak seperti ini bisa memberikan contoh kepada masyarakat mengenai bagaimana makanan yang sehat untuk dihidangkan agar bisa mencegah stunting,” terangnya.

Baca Juga