Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Dinas Kesehatan Berikan Penyuluhan kepada Juru Masak Dapur Umum Haul…

Dinas Kesehatan Berikan Penyuluhan kepada Juru Masak Dapur Umum Haul Guru Sekumpul

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melakukan penyuluhan keamanan pangan kepada juru masak dapur umum haul ke 14 Abah Guru Sekumpul di Aula pendopo Bani Alawi Gang Mahabbah Sekumpul Martapura, Sabtu (16/02) malam.

Penyuluhan yang dihadiri ratusan juru masak dari perwakilan 85 dapur umum haul ke 14 Guru Sekumpul yang di hadiri Koordinator Dapur Umum H Abdurrahman,

Hadir sebagai narasumber Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan H Sukamto memaparkan bagaiman cara untuk memasak yang bersih, aman, dan higenis.serta dirinya juga mendukung penuh dalam penanganan kesehatan jamaah pada haul ke 14 Guru Sekumpul terutama Kesehatan pada bahan pangan makanan yang akan di masak.

“saat memasak makanan dengan kondisi yang bersih dan higienis agar terhindar dari kuman yang menyebabkan penyakit pada bahan makanan yang akan di masak. Apalagi makanan itu nanti akan disuguhkan untuk para jamaah. Tentu keamanan adalah prioritas kita semua,”ucapnya

BACA JUGA :  Kasus Penganiayaan Anak Yatim di Banjarbaru Dilimpahkan Ke Kejaksaan

Kegiatan penyuluhan itu lanjutkan dengan diskusi bersama juru masak dapur umum, dan tim pengambilan sampel makanan semua dapur umum di laksanakan pada Jumat 8 Maret H-1 pelaksanaan haul nanti.
Ditanya mengenai pengadaan alat kebersihan, Sukamto tidak bisa memastikan namun pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan Kabupaten Banjar.

“kita mensosialisasikan bagaimana agar juru ,masak memperhatikan kebersihan saat memasak nanti, untuk pengadaan seperti air bersih dan lainnya, kita akan koordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten banjar,”katanya
Sementarea Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah menuturkan, bahwa kegiatan penyuluhan pangan untuk dapur umum haul ke 14 Guru Sekumpul sudah menjadi kewajiban pihaknya dalam penanganan keamanan kesehatan makanan yang akan di konsumsi para jamaah yang tiap tahunnya bersama jajaran Dinas Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA :  Pasar Murah Jelang Haul Ditambah Lokasinya

“Kami beserta jajaran dari Dinas Kesahatan Kabupaten dan Provinsi Kalimantan Selatan terus bahu membahu setiap tahun akan melaksanakan kegiatan yang sangat mulia ini (penyuluhan pangan) haul Abah Guru Sekumpul,” kata Ikhwansyah

Ikhwansyah juga mengharapkan agar hasil dari penyuluhan kesehatan pangan tersebut menjadi acuan bagi juru masak menyediakan makanan yang higienis dan sehat kepada para jamaah agar tidak ada terjadi hal yang tidak di inginkan.

“Saya setiap waktu terus memantau semoga tidak ada yang keracunan makanan, tahun kemarin alhamdulilah kita bekerja lancar dan sukses,”pungkasnya. (sairi)

Baca Juga