Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Tim Gabungan Terus Berjibaku Padamkan Karhutla di Kabupaten Banjar

Tim Gabungan Terus Berjibaku Padamkan Karhutla di Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sekarang menjadi momok menakutkan, hampir tiap hari terjadi karhutla di Kabupaten Banjar.

Seperti karhutla di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat, atau tepatnya di depan Makam Datuk Bagul, Tim gabungan terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, TNI, RAPI dan BPK Mahkota Dewa berjibaku untuk memadamkan api.

Api yang membakar semak belukar, ilalang dan pepohonan tersebut dilaporkan terjadi sejak Minggu (27/8/2023) siang. Penanganan yang dilakukan oleh tim gabungan sejak pukul 14.50 tersebut baru bisa dipadamkan sekitar pukul 17.30 Wita.

BACA JUGA :  Menjelang Haul Ke-32 KH Herman Hasyim Pengaron, 10 Ribu Bungkus Nasi Disiapkan

Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita menyebut luasan lahan yang terbakar dan tertangani oleh tim gabungan sekitar 20 hektare.

”Untuk lokasi di Sungai Batang luasan yang terbakar dan ditangani oleh tim gabungan selama hampir 3 jam sekitar 20 hektare,” ujarnya.

Dalam penanganan karhutla tersebut tim gabungan dilengkapi dengan sejumlah peralatan, antara lain 1 unit mobil pick up, 1 unit truk tangki, 2 unit mesin alkon dan 8 roll selang.

BACA JUGA :  Percepat Vaksinasi, Banjar Gelar Vaksin Gratis

Pada hari yang sama karhutla juga terjadi di Desa Cindai Alus Kecamatan Martapura. Karhutla yang membakar semak belukar dan pepohonan tersebut ditangani tim gabungan dari pukul 17.45 hingga berhasil padam pada pukul 19.28 Wita. Luas lahan yang terbakar sekitar 0,5 hektare.

Selain menangani karhutla diberbagai lokasi akibat kemarau tahun ini, tim gabungan BPBD Banjar juga distribusikan air bersih ke beberapa desa yang sebagian warganya mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih

Baca Juga