Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. 600 Lebih Peserta Meriahkan Lomba Memair Piala Sandi di Desa…

600 Lebih Peserta Meriahkan Lomba Memair Piala Sandi di Desa Sungai Kitano

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Lebih dari 600 peserta dari berbagai daerah di Kalsel ikut berpartisipasi meramaikan lomba memair (memancing) yang memperebutkan piala H Sandi Fitrian Noor (Sahbirin Noor).

Kali ini kembali dihelat di Desa Sungai Kitano, Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Minggu (27/8) siang, yang sebelumnya sempat dilaksanakan di Desa Munggu Raya.

Ketua Penyelenggara Lomba Memair, H Sandi Fitrian Noor, mengungkapkan, melalui kegiatan ini masyarakat yang turut ikut meramaikan dapat menumbuhkan silaturahmi yang baik. Sekalipun harus bersaing, namun sportivitas dalam bertanding harus dijunjung tinggi.

“Yang jelas, selamat bertanding. Ke depannya, mudah-mudahan bisa kembali menggelar kegiatan serupa ya agar masyarakat tahu betapa kayanya kearifan lokal kita,” harapnya.

Anak sulung orang nomor satu di Kalsel itu juga turut mengajak masyarakat agar tetap melestarikan budaya tersebut. Mengingat, kearifan lokal harus terus dijaga.

“Ini bisa menjadi ajang bagi penyuka hobi yang sama dalam menjalin keakraban dan turut sebagai penyambung silaturahmi,” jelasnya.

BACA JUGA :  Jelang Nataru Tim Bapoktan Monitoring Stok Bahan Pangan.

Ia turut berterima kasih atas dukungan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor (Paman Birin). Sehingga, kegiatan mempertahankan kearifan lokal ini dapat terselenggara dengan baik.

“Yang jelas, kami selaku panitia pelaksana sangat berterima kasih atas dukungan atau support dari Gubernur kita Paman Birin hingga terlaksananya kegiatan ini,” tuturnya.

Sementara itu, Penata Penyelenggaraan Lomba Memair H Sandi Fitrian Noor (Sahbirin Noor), Yupiter Manaha, menyampaikan, dipilihnya Desa Sungai Kitano sebagai tempat penyelenggaraan lomba memair (mancing) itu dikarenakan sejumlah titik masih berair.

“Kita menemukan memang hanya desa ini saja yang masih dalam airnya dan cocok untuk dilaksanakan lomba memair,” ucapnya.

Acara yang turut antusias dipertontonkan itu juga bakal memperbutkan piala H Sandi Fitrian Noor (Sahbirin Noor). Dari 600 lebih peserta yang ikut berpartisipasi tercatat beberapa daerah lain juga turut berpartisipasi.

“Terjauh itu, ada dari Amuntai (HSU), Kandangan (HSS) dan Kabupaten Tapin,” bebernya.

Dikatakan Piter, total hadiah yang bakal dibagikan kepada pemenang lomba memair itu ditaksi mencapai ratusan juta rupiah.

BACA JUGA :  Wabup Muh Rusli Hadiri MusrenbangDes TA 2022 Didesa Lasung.

“Ini merupakan bantuan langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor terhadap kegiatan tersebut. Sebagai bentuk melestarikan lokal kita sebagai warga banjar,” paparnya.

Dari rincian hadiah yang bakal dibagikan untuk pemenang yang beruntung masing-masing bakal mendapatkan jutaan rupiah.

“Ada kategorinya, yang pertama itu adalah terberat untuk Juara I itu senilai Rp8 juta, juara II Rp6juta, juara III sekitar Rp4 juta, juara IV itu Rp3 juta. Selanjutnya kategori juara terbanyak juara V Rp2 juta, VI senilai Rp1 juta, VII Rp700 ribu, VIII Rp500 ribu, IX sebanyak Rp300 ribu, X Rp200 ribu dan XI sekitar Rp100 ribu,” jelasnya.

Dilokasi yang sama, Kepala Desa Sungai Kitano, Mahlan, menuturkan, turut mengapresiasi penyelenggaraan memair (memancing) tersebut. Selain menyalurkan hobi juga sebagai sarana memperat tali silaturahmi.

“Semoga ini bisa terus dilaksanakan dan silaturahmi juga terus berjalan dengan baik antar peserta dan warga,” tukasnya.

Editor : Lintang

Baca Juga