Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Kabupaten Balangan Masuk Nominasi ASEAN Smoke Free Award 2023

Kabupaten Balangan Masuk Nominasi ASEAN Smoke Free Award 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, Balangan – Pemerintah Kabupaten Balangan sambut kedatangan tim monitoring evaluasi penerapan kawasan tanpa rokok (KTR), dalam rangka ASEAN Smoke Free Award (ASA), bertempat di Aula Benteng Tundakan, Paringin Selatan, Rabu (30/8/2023).

Kedatangan tim monitoring disambut langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Balangan, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Balangan, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan serta kepala SKPD.

Adapun tim monitoring yang berhadir yaitu dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Hanifah Rogayah dan Anisa Meidriarti, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendag RI) Hadrian Marta, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Djoko Stio.

Tim monitoring Kemenkes RI, Hanifah Rogayah, menyampaikan ada tujuh tatanan yang akan dinilai Tim Asean Smoke Free Award yaitu fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat ibadah,  angkutan umum,  tempat kerja dan tempat umum.

BACA JUGA :  Ramadhan Jadi Momen Balap Liar Remaja, Polres Balangan Amankan Belasan Sepeda Motor

Adapun tujuan dari adanya KTR ini yaitu berusaha untuk mengendalikan konsumsi rokok pada anak usia rentang 10 sampai 18 tahun yang sesuai dengan peraturan, bahwa bukan untuk melarang merokok tetapi mengatur kawasan yang harus tanpa asap rokok.

“Tim monitoring ini dari Kemenkes RI, Kemendag RI dan Kemendikbud RI, serta ada tujuh tatanan yang sesuai dengan amanat UU Kesehatan No 17 tahun 2023 yaitu pelayanan kesehatan, tempat sekolah, tempat bermain anak, rumah ibadah, angkutan umum, tempat umum, dan tempat kerja,” jelas Hanifah.

Sementara itu, Kepala Dinkes PPKB Kabupaten Balangan, Akhmad Nasa’i, mengatakan masuknya Kabupaten Balangan sebagai nominasi ASEAN Smoke Free Award ini, maka tim monitoring akan melakukan penataan di 10 titik sesuai dengan jadwal yang ditentukan, terhitung dari 29 Agustus sampai dengan 1 September 2023.

BACA JUGA :  Rapat Koordinasi Forum LLAJ: Dishub Balangan Fokus pada Keselamatan dan Infrastruktur

“Sehubungan dengan adanya ASEAN Smoke Free Award, jadi Balangan masuk nominasi ASA tingkat ASEAN kawasan tanpa rokok, dan Kabupaten Balangan salah satu perwakilan yang diikutkan di Indonesia,” katanya.

Akhmad Nasa’i mengharapkan setelah ini nantinya Kabupaten Balangan bisa menerapkan kawasan bebas asap rokok disejumlah titik yang sudah diberikan tanda peringatan KTR.

“Dengan adanya kegiatan ini kawasan tanpa rokok bisa dikenal masyarakat dan dapat diimplementasikan, dipahami serta disadari masyarakat tentang bahaya asap rokok,” harapnya.

Terakhir pada kesempatan ini juga dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata kepada tim monitoring dan sesi foto bersama.

Baca Juga