Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Peran PPKBD Diharapkan Mampu Wujudkan Keluarga Berkualitas

Peran PPKBD Diharapkan Mampu Wujudkan Keluarga Berkualitas

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Balangan, melaksanakan kegiatan pembinaan Pembantu Penyuluh Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD, di Aula Kantor Kecamatan Lampihong, Senin (4/9/2023).

Kegiatan pembinaan ini membahas terkait pelaporan dan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) tingkat kecamatan tahun 2023.

Program Bangga Kencana merupakan salah satu program dari BKKBN, yang berfokus untuk mewujudkan keluarga berkualitas di Indonesia.

Kegiatan dibuka langsung oleh JF Penata Kependudukan dan KB Ahli Muda Kabupaten Balangan, Denny Mariaty Simbolon, yang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan monitoring dan evaluasi kinerja bagi PPKBD dan Sub PPKBD di wilayah kerja Kecamatan Lampihong.

BACA JUGA :  Prevalensi Stunting di Balangan Sentuh 25,5 Persen

Selain itu, kegiatan pembinaan juga dirangkai dengan pembagian honor yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Balangan, Sri Huriyati Hadi.

“Para kader PPKBD dan Sub PPKBD ini sangat antusias sekali terkait pelaporan pendataan yang sudah dijalankan dengan baik, karena ujung tombak pendataan dari keluarga berisiko stunting berada ditangan kader-kader KB kami,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Sri Huriyati Hadi, sangat mengapresiasi para kader yang telah berjuang dalam memberikan contoh maupun memberikan edukasi terkait pentingnya keluarga berencana kepada masyarakat.

BACA JUGA :  DKP3 Balangan Dorong Sinergi dengan Enumerator: Evaluasi Kinerja dan Persiapan Tahun Baru

Menurutnya PPKBD dan Sub PPKBD ini sangat penting dan menjadi satu kekuatan yang dapat diandalkan untuk tetap mempertahankan keberhasilan program KB di masyarakat, termasuk dalam menurunkan angka stunting.

Oleh karenanya, Sri Huriyati Hadi berharap melalui kader PPKBD dan Sub PPKBD mampu bekerja sama dalam membantu pemerintah daerah untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Balangan.

“Karena kemarin angka stunting di Balangan masih tinggi dan sekarang sudah luar biasa atas kerja sama seluruh pihak kasus stunting di Balangan menurun, dan berharap ke depan melalui kegiatan seperti stunting bisa segera teratasi,” harapnya.

Baca Juga