Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Operasi Zebra Intan Digelar Selama 2 Pekan Kedepan

Operasi Zebra Intan Digelar Selama 2 Pekan Kedepan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Operasi Zebra yang digelar oleh Polres Balangan mulai diberlakukan hari ini, operasi yang akan berlangsung selama dua pekan kedepan 15 – 28 November 2021.

Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin, menjelaskan operasi ini sebagai upaya menciptakan kondisi yang aman dan tertib dalam berlalu lintas.

“Operasi Zebra Intan kali ini sebagai upaya cipta kondisi dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang lebih baik untuk menyongsong tahun 2022 ini,” ujar Kapolres Balangan, Senin (15/11/21).

BACA JUGA :  Perda Perampingan SKPD Disetujui DRPD Balangan

Dirinya melanjutkan, dalam operasi zebra ini, pihaknya akan mengutamakan sikap persuasif dan humanis pada masyarakat untuk meningkatkan protokol kesehatan dan ketertiban lalu lintas.

Selain itu ujarnya, pihaknya juga sudah memetakan lokasi operasi zebra yang nantinya terfokus pada persimpangan dan daerah yang rawan akan pelanggaran lalu lintas.

“Kepada masyarakat tetap menjaga keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Agar melengkapi surat-surat, kemudian melengkapi perlengkapan berkendara dan selalu menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya

BACA JUGA :  SMKN 1 Batumandi Gelar Kegiatan Job Fair 2023

Kemudian, sebut Kapolres, pada Operasi Zebra Intan tahun 2021 tidak berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas atau tilang, namun perlu dipedomani kegiatan diarahkan pada pola preemtif dan preventif yang berupa tindakan simpatik manis kepada masyarakat.

“Mengingatkan kembali bahwa kita masih menghadapi pandemi COVID-19, pola operasi yang awalnya 80% preemtif dan preventif, serta 20% penegakan hukum saat ini diubah menjadi 100% tindakan simpati dalam rangka membangun kepercayaan kepada masyarakat,” pungkasnya. (ald)

Baca Juga