Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Tekan Stunting, Dinkes PPKB Balangan Terus Perkuat Program Dashat

Tekan Stunting, Dinkes PPKB Balangan Terus Perkuat Program Dashat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Balangan, menggelar kegiatan penguatan penyelenggaraan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Inan, Kecamatan Paringin Selatan, Rabu (4/10/2023).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinkes PPKB, yang dalam hal ini diwakili Kasi Pengendalian Penduduk Kabupaten Balangan, Denny Mariaty Simbolon, dihadiri Ketua TP PKK Balangan, perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Camat Paringin Selatan serta kader KB se-Kecamatan Paringin Selatan.

Ketua TP PKK Balangan, Sri Huriyati Hadi, dalam hal ini menyampaikan pihaknya sangat mendukung penuh dengan adanya program Dashat tersebut.

Ditemui usai acara, perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Sopyan, mengatakan program Dashat adalah upaya BKKBN dalam rangka percepatan penurunan stunting, karena program ini merupakan sarana edukasi masyarakat terkait pentingnya asupan gizi.

BACA JUGA :  Perpanjangan Masa Jabatan, Kepala Desa se-Kecamatan Tebing Tinggi Gelar Syukuran

“Program Dashat merupakan salah satu implementasi dari Perpres Nomor 72 Tahun 2021 untuk mengatasi permasalahan stunting di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Balangan,” katanya.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui apa itu asupan gizi yang baik pada proses pertumbuhan.

“Dengan terbentuknya Dashat, diharapkan akses terhadap kebutuhan pangan bergizi bisa terpenuhi oleh masyarakat melalui bentuk edukasi gizi pengolahan keterampilan makanan yang sehat,” harapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Kasi Pengendalian Penduduk Kabupaten Balangan, Denny Mariaty Simbolon, yang menyebut bahwa langkah ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk mengatasi stunting.

BACA JUGA :  HANI, Balangan Luncurkan Desa Bersinar

Disampaikan Denny, untuk angka stunting di Kabupaten Balangan saat ini berada di 29,8 persen, sehingga dengan adanya penguatan Dashat di kampung KB diharapkan angka tersebut bisa turun menjadi 20 hingga 14 persen.

“Semoga dengan pemberdayaan kelompok masyarakat di kampung KB dalam kegiatan Dashat yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, TP PKK kabupaten, kecamatan dan desa bisa memaksimalkan kembali kegiatan ini sehingga angka stunting di Balangan bisa turun,” harapnya.

Di akhir kegiatan juga dilakukan penyerahan bantuan paket sembako kepada delapan keluarga berisiko stunting oleh Ketua TP PKK Balangan.

Baca Juga