Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Tangkal Banjir di Cempaka, Banjarbaru Siapkan Embung Gunung Kupang

Tangkal Banjir di Cempaka, Banjarbaru Siapkan Embung Gunung Kupang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, menyampaikan usaha Pemko Banjarbaru dalam penanggulangan banjir yang kerap terjadi di Cempaka, usaha itu yaitu pembangunan Embung di Gunung Kupang.

Hal tersebut ia sampaikan kepada warga saat dialog / audiensi dengan masyarakat di lingkungan Kecamatan Cempaka, di Aula Kantor Camat Cempaka, Selasa (17/10/2023).

“Jadi kenapa posisinya di Gunung Kupang? Karena menurut kajian, sebagian air yang turun ke daerah Cempaka ini dari Gunung Kupang,” katanya.

BACA JUGA :  Pasien Covid Meningkat, Wali Kota Banjarbaru Akan Panggil RS Swasta

Atas dasar kajian tersebut, Wali Kota yang akrba disapa Ovie ini membangun embung di Gunung Kupang Kelurahan Cempaka yang mempunyai luas 3,5 Hektar.

“Kedalamannya juga cukup dalam, insya Allah sekitar 30 Juta liter air akan tertampung di embung Gunung Kupang, kalau disana tertampung, insya Allah akan berkurang debit air yang datang ke Cempaka,” imbuhnya.

Aditya juga menyampaikan kepada warga, untuk membantu menanggulangi karhutla yang terjadi di Cempaka, ia akan menghibahkan mobil Pemadam Kebakaran.

BACA JUGA :  Penyekatan Ditiadakan Hanya Ada Pemeriksaan Surat Menyurat

“Insya Allah di bulan ini datang mobil rescue, tahun depan kita membeli lagi 2 unit mobil pemadam kebakaran, dan mobil pemadam kebakaran yang terdahulu insya Allah salah satunya kita hibahkan di Cempaka,” ujarnya.

Selain itu, Wali Kota Aditya juga memperkenalkan aplikasi Idaman Publik dan Idaman Office kepada warga Cempaka, agar warga semakin mudah mendapatkan pelayanan via aplikasi.

Baca Juga