Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Kiram Arts Festival Kalsel Babussalam: Parade Seni dan Budaya Internasional

Kiram Arts Festival Kalsel Babussalam: Parade Seni dan Budaya Internasional

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJAR – Provinsi Kalimantan Selatan siap menggelar sebuah festival seni dan budaya skala nasional, bahkan internasional, yang bertajuk “Kiram Arts Festival Kalsel Babussalam.” Acara ini akan diadakan pada tanggal 8-12 November 2023 dan akan menampilkan seniman dari 20 negara yang datang dari berbagai wilayah di Asia, Eropa, hingga Afrika.

Yadi Muriyadi, Ketua Panitia Penyelenggaraan Kiram Arts Festival, menyatakan bahwa para seniman dari mancanegara telah mengkonfirmasi kehadiran mereka dalam festival ini. “Alhamdulillah, hingga saat ini, telah ada konfirmasi kehadiran 20 seniman mancanegara di Kiram Arts Festival Kalsel Babussalam,” kata Yadi Muriyadi.

Para seniman tersebut berasal dari beragam negara, termasuk Malaysia, Filipina, Kamboja, Thailand, Jepang, Hong Kong, Taiwan, India, Zimbabwe, Ghana. Selain itu, ada juga seniman dari Australia, New Caledonia, Selandia Baru, Inggris, Swedia, Italia, Jerman, Kolombia, dan Belanda.

BACA JUGA :  Sungai Martapura ; dari Urat Nadi Kehidupan dan Kebiasaan Buang Air Besar di Jamban Terapung

Selain seniman-seniman internasional, akan ada pula partisipasi seniman nasional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Kalimantan, Aceh, Riau, NTB, Bali, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Yadi menjelaskan bahwa Kiram Arts Festival Kalsel mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin. Ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap partisipasi para seniman luar negeri yang akan memeriahkan festival ini dengan tema “Bergerak melalui Seni dan Budaya.”

BACA JUGA :  Rudy Resnawan Tutup Kalsel Expo

Selain pertunjukan seni tari, seni musik, sastra, teater, dan seni lukis, festival ini juga akan mencakup berbagai kegiatan seperti workshop, lokakarya, pameran, dan lainnya. Kiram Arts Festival Kalsel akan menjadi platform pertukaran pengetahuan seni budaya antar provinsi dan negara.

Tujuan utama festival ini adalah mendukung eksistensi seni budaya Kalimantan Selatan, memperlihatkan kekayaan seni budaya daerah ini kepada dunia sebagai Babussalam, serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan seni budaya antar provinsi dan negara. Panitia berharap mendapat dukungan luas dari masyarakat agar penyelenggaraan festival ini dapat sukses dan membawa nama baik daerah dan negara.

Baca Juga