1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Diminta Waspada, Enam Daerah di Kalsel Siaga Banjir

Diminta Waspada, Enam Daerah di Kalsel Siaga Banjir

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Banjir hebat disertai longsor tahun 2021 di Kalsel. (Dok. BPBD Tanah Laut)

Headline9.com, BANJARBARU Sejumlah daerah di Kalsel mulai siaga banjir. Ada enam wilayah yang dianggap rentan terhadap bencana tersebut.

Dari hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG), Banjarmasin, Banjabaru, Banjar, Hulu Sungai Utara (HSU), Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Tabalong menjadi daerah dianggap cukup rawan terdampak banjir.

Kabid Kebencanaan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Bambang Dedi Mulyadi menyampaikan, hasil pantau pihaknya puncak hujan terjadi Januari 2024.

Tingginya intensitas curah hujan pasca kemarau biasanya menjadi kewaspadaan dan kesiapsiagaan pihaknya dalam menghadapi bencana banjir.

“Data BMKG menyebutkan pada awal tahun (Januari 2024,red) Kalsel memasuki musim hujan. Maka, setiap dearah diminta melakujan langkah-langkah mengantisipasi bencana banjir,” ucap dia, di ruang kerjanya, Kamis (16/11) siang.

BACA JUGA :  Jembatan Darurat Desa Lasung , Warga Satiung Tak Terisolir.

Lantas apa saja langkah awal yang bakal dilakukan dalam mengantisipasi terjadinya bencana yang tiap tahun menjadi langganan di Kalsel?

Bambang menjawab, Surat Edaran (SE) Gubernur Kalsel sudah disampaikan ke kabupaten/kota. Termasuk, daerah yang potensi rawan banjir.

“Jadi, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sudah menimbau agar seluruhnya siaga banjir termasuk menyiagakan BPBD kabupaten/kota,” ungkap dia.

Isi surat edaran Gubernur Kalsel yang dikeluarkan per 31 Oktober bernomor 300.2.3/128/BPBD/2023, menginstruksikan bupati dan wali kota agar melakukan pemeliharaan waduk, bendung, kanal, drainase serta bangunan lainnya yang berfungsi sebagai mitigasi (pencegahan) bencana.

BACA JUGA :  Banjir Satui, Kabupaten Tanah Bumbu Ambih Langkah Tanggap Darurat

Selain menyoal banjir, dampak peralihan musim yang diprakirakan November – Desember 2023, rentan bencana adalah puting beliung dan longsor.

Apalagi, daerah yang potensinya lebih rawan bencana agar segera menetapkan status siaga darurat Hidormeteorologi seperti banjir, tanah longsor, puting beliung dan gelombang pasang laut (ROB).

“Pengamatan kami sejauh ini kabupaten/kota sudah mulai melakukan mitigasi sebelum terjadinya bencana banjir dan lain-lainnya,” tutupnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga