Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Dinas PMD Kabupaten Banjar Gelar Pembinaan Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa

Dinas PMD Kabupaten Banjar Gelar Pembinaan Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, Kertak Hanyar – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar mengadakan kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa untuk kepala desa (pambakal) dan Kepala Urusan (KAUR) Keuangan tahun 2023. Acara ini berlangsung di Hotel Treepark, Kecamatan Kertak Hanyar, pada Rabu (22/11/2023) pagi.

Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, sebagai narasumber utama, menjelaskan bahwa Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa menetapkan bahwa pemerintahan desa saat ini harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Sesuai dengan tujuan UU Desa, upaya ini dilakukan untuk mewujudkan desa yang maju, mandiri, sejahtera, dan bebas dari korupsi.

BACA JUGA :  Kejaksaan dan Pemkab Banjar Ikat Kerja Sama. Berikut Penjelasannya...!

Saidi menyampaikan harapannya, “Saya berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sebagai pambakal, dalam upaya percepatan penyelenggaraan pemerintahan desa dan peningkatan kinerja desa.”

BACA JUGA :  Martapura Jadi Contoh Penerapan PPKM Berbasis Mikro

Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar, Syahrialuddin, menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 554 peserta, terdiri dari pambakal dan Kaur Keuangan di wilayah Kabupaten Banjar. Acara ini terbagi menjadi 5 angkatan dengan menghadirkan pemateri dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa dan PDTT. Fokus materi mencakup manajemen pemerintahan desa, pengelolaan keuangan desa, dan penggunaan dana desa tahun 2024.

Baca Juga