Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Bupati Banjar Buka Sosialisasi Keuangan Desa

Bupati Banjar Buka Sosialisasi Keuangan Desa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, Martapura – Asisten Pemerintahan dan Kesra, H. Masruri, mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur, membuka kegiatan Sosialisasi dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa di Aula Wisma Sultan Sulaiman BKPSDM Kabupaten Banjar pada Rabu (22/11/2023) pagi.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Banjar dan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, dengan menghadirkan narasumber seperti Kepala Sub Auditorat BPK, John F Rotinsulu, Kepala Dinas PMD Banjar, Syahrialuddin, dan Inspektur Daerah Banjar, Riza Dauly.

Masruri berharap bahwa sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada kepala desa dan aparatnya mengenai pentingnya tata kelola keuangan desa yang baik, transparan, dan akuntabel.

BACA JUGA :  BPS Banjar Gelar Forum Konsultasi Publik Untuk Finalisasi Data

“Dengan pemahaman yang baik, diharapkan pambakal beserta aparatur desa dapat bersinergi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Saya juga berharap agar terus diperkuat keterlibatan dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait keuangan desa, serta pentingnya transparansi terhadap pengelolaan dana desa,” ungkapnya.

Kepala Sub Auditorat BPK Provinsi Kalsel, John F Rotinsulu, menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah untuk membina para kepala desa dalam pengelolaan keuangan desa, mencegah permasalahan hukum di masa mendatang.

BACA JUGA :  Jelang Haul ke-19 Guru Sekumpul, Ruas Jalan Kabupaten Banjar Berbenah Lagi

“Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan strategi agar tata kelola keuangan desa dapat memenuhi prinsip-prinsip transparan, akuntabel, partisipatif, dan disiplin anggaran. Prinsip-prinsip pengelolaan keuangan desa tersebut seyogyanya dapat mencegah tindakan korupsi dan penyelewengan anggaran yang berpotensi menghambat tujuan pembangunan di desa,” tambahnya.

Baca Juga