Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. iklan
  4. »
  5. PT BIB Gelar Program Seminar Pengendalian Stunting

PT BIB Gelar Program Seminar Pengendalian Stunting

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Perusahaan PT. Borneo Indobara (BIB) Site Angsana, terus melakukan upaya pencegahan stunting dengan menggelar program seminar di dua sekolah untuk mendukung program pemerintah.

Senior Manager CSR & Eksternal PT. BIB, Dindin Makinudin melalui bagian Kesehatan, Bilqis Nabila mengatakan, seminar kesehatan kali pertama ini, dilakukan pada dua sekolah. Yakni, SMAN 1 Sungai Loban, dan SMAN 1 Angsana sebagai bentuk kepedulian pihaknya mengenai kesehatan remaja.

“Kita menargetkan ke remaja-remaja untuk peningkatan pengetahuan Kesehatan reproduksi,” kata Dindin dalam keterangan persnya melalui bagian Kesehatan PT BIB, Bilqis Nabila pada Rabu (13/12/2023).

Dia menyebutkan, untuk mencegah stunting harus dimulai sejak dini, semenjak usia remaja atau sekolah, salah satu penyebab stunting karena adanya pernikahan usia dini.

“Ini juga faktor dari pendidikan, dan juga faktor dari pemahaman anak-anak atau remaja, jadi dari situ kita memberikan edukasi ini supaya anak-anak atau remaja itu fokus belajar, kemudian juga meningkatkan prestasi nya daripada melakukan kenakalan remaja atau pernikahan dini,” jelas Dindin.

Selain program edukasi untuk siswa sekolah, PT BIB juga melakukan screening awal bagi anak-anak yang terdeteksi stunting di 22 desa ring 1, dimana screening awal ini bekerjasama dengan dokter spesialist anak dari RSUD Kabupaten Tanbu.

Selain itu, juga melanjutkan dengan program kebun gizi, kolam gizi dan juga cooking class masakan bergizi yang mudah murah dan berkualitas yang bekerja sama dengan beberapa pihak yang berkompeten.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya juga akan melaksanakan program sarana air bersih di beberapa desa guna memastikan masyarakat bisa mendapatkan sarana air bersih dan secara tidak langsung dapat membantu program stunting.

Disampaikanya, seminar kesehatan dihadiri lebih dari 100 siswa, dengan menggandeng Dinas Perlindungan Anak dan Perempuan (P3AK2B) Batulicin kemudian bekerjasama dengan Forum anak daerah sebagai tutor sebaya jadi pengisian edukasi dari mereka.

“Kedepan rencananya, akan dilakukan di 5 Kecamatan di ring 1 PT. BIB, juga tidak menutup kemungkinan kita akan membentuk program Duta, seperti itu jadi ada Duta Sebaya, supaya teman-teman di SMA ini meningkat pemahaman dan pengetahuanya terkait kesehatan,” ujarnya.

Harapannya dengan program yang dilakukan oleh PT BIB bisa membantu menurunkan angka stunting khususnya di area ring 1 dan juga banyak anak-anak remaja dan juga Ibu-ibu yang sedang mengandung teredukasi tentang bahaya serta cara pencegahannya agar tidak melahirkan generasi yang stunting.

Pada seminar tersebut PT BIB memberikan souvenir ke sekolah dan pemateri, serta booklet mengenai kesehatan remaja kepada peserta yang hadir.

Baca Juga