1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Semangat Jaga Kebersihan Terus Ditularkan di Haul ke-14 Abah Guru…

Semangat Jaga Kebersihan Terus Ditularkan di Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Hari pertama Haul Ke-14 KH Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani pada Sabtu (09/03/20119) malam dipadati lautan manusia dari seluruh penjuru Indonesia dan luar negeri.

Jalan utama sekumpul dipenuhi jemaah yang mengikuti Salat Magrib berjemaah. Seluruh jalan Sekumpul, Tanjung Rema, Guntung Alaban, dan Jalan Pendidikan ditutupi oleh shaf Jemaah. Tentu hal ini tak seperti tahun sebelumnya, di mana pada haul hari pertama jemaah tidak sampai sepadat sekarang.

“tahun ini sangat banyak, tidak seperti tahun sebelumnya, pada hari pertama jamaah hanya sampai jembatan irigasi aja, tapi tahun ini penuh banget,”ujar Agus Warga Sekumpul

BACA JUGA :  Sudah 199 Orang Selesai Pemantauan

Banyaknya jamaah yang berhadir pada hari pertama haul, tentu berbagai macam sampah sudah mewarnai jalan utama sekumpul, untuk itu para awak media yang mendirikan posko di depan Rumah Sakit Pelita Insani berinisiatif untuk memungut sampah-sampah yang berserekan di jalan utama sekumpul itu.

“Ya, kita lihat sampah sudah banyak, karena itu kita berinisiatif menajdi relawan kebersihan, Alhamdulillah respon jamaah sangat bagus, mereka sudi membantu denagn memasukan sampah ke dalam pelastik sampah yang kita bawa,”Ujar Ainudin

BACA JUGA :  Lagi-lagi Dibiarkan Menumpuk, Aliran Sungai Irigasi Gambut Masih Hasilkan Sampah Berlimpah

Tak hanya mencari berita, jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten Banjar itu juga ikut mengarahkan para jamaah saat ingin melaksanakan sholat Mahgrib.

“kebanyakan para ibu-ibu tidak tau arah kiblat, karena itu kita arahkan mereka agar tidak salah kiblat saat sholat,”Tutupnya

Diketahui Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul dilaksankan selama tiga hari yakni 9-10-11 Maret di Musala Ar Raudhah Sekumpul Martapura.

 

Penulis : Muhammad Sairi

Editor : MA Syafi’i

Baca Juga