Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Ribuan Jemaah Haul Guru Sekumpul Mendarat di Dermaga Kenanga Martapura,…

Ribuan Jemaah Haul Guru Sekumpul Mendarat di Dermaga Kenanga Martapura, Hari Ini Kalteng dan HSU Mendominasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Jemaah haul yang berasal dari berbagai daerah akhirnya tiba di Dermaga Murung, Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Sabtu (13/1/2024) sore.

Terpantau sejumlah awak media, sejak pukul 18.00 Wita, kapal-kapal jemaah terus berdatangan. Bahkan, jemaah haul Guru Sekumpul dari Kalteng itu ikut membaur dengan sejumlah warga lainnya yang turut menyambut kedatangan mereka.

Salah seorang relawan di Dermaga Kenanga, Muhammad Hamdan, mengungkapkan, jemaah yang datang dari berbagai daerah ini tak hanya hari ini saja, melainkan sudah sejak Kamis (11/1/2024) kemarin.

“Sampai hari ini, jumlah kapal yang mampir atau berlabuh (singgah, red) di dermaga ini sudah mencapai 50 unit,” katanya.

BACA JUGA :  Disiapkan 7 Unit Mobil Buggy Untuk Antar Jemaah Dari Darussalam ke Lokasi Haul Guru Sekumpul
image editor output image158076426 17051566927195556068860011741779

Kata Hamdan, jemaah haul ke- 19 Guru Sekumpul yang datang bervariasi. Mulai lokal hingga luar daerah.”Dari Danau Panggang (HSU), Galam Rabah (Banjar). Sedangkan Kalteng itu Bahaur (Pulang Pisau), Katingan, Sampit dan Kapuas,” bebernya.

Dirinya memperkirakan total jemaah yang mendarat di Dermaga Murung Kenanga sampai hari ini sudah mencapai ribuaan orang. Tujuan utamanya hanya untuk mengikuti pelaksanaan haulan ke- 19 KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau biasa dikenal dengan sapaan masyhur, Guru Sekumpul.

“Tengah malam sampai esok pagi kemungkinan masih berdatangan lagi,” bebernya lagi.

BACA JUGA :  Antung Aman Sediakan 3.000 Makanan Siap Saji dan Penginapan Jemaah Haul

Dari sini, kata dia, mereka (jemaah) tak hanya mendarat untuk berlabuh. Melainkan juga disambut dengan berbagai macam menu hidangan untuk disantap. “Kami juga sediakan pengipan gratis,” tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, salah seorang jemaah dari Danau Panggang (HSU), Rusli, turut bersyukur bisa sampai ke lokasi yang dituju. Ia mengaku, hampir 12 jam menempuh perjalanan melewati jalur perairan.

“Alhamdulillah, kami ke sini ada sekitar 10 rombongan,” ungkap dia.

Jumlah satu rombongan, ia merincikan, ada sebanyak 50 orang dalam satu unit kapal bermesin diesel tersebut.

“Beberapa rombongan lainnya masih ada diperjalanan,” tukasnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga