Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. DPRD KALSEL
  4. »
  5. Komisi III DPRD Kalsel Kaji Sistem Pengendalian Banjir Jatim

Komisi III DPRD Kalsel Kaji Sistem Pengendalian Banjir Jatim

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
KETERANGAN : Suasana Pertemuan Komisi III DPRD Kalsel ke Komisi D DPRD Jatim. Foto. Humas DPRD Kalsel.

Headline9.com, SURABAYA – Permasalahan banjir yang hampir selalu terjadi setiap tahun di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) hingga kini terus menjadi perhatian serius Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel.

Salah satu upaya wakil rakyat “rumah banjar” untuk mencari solusi yakni melakukan studi komparasi terkait sistem drainase dan pengendalian banjir ke DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Senin (15/1/2024).

Pada pertemuan ini, Anggota Komisi D DPRD Jatim, Hadi Dediyansyah, memaparkan terkait upaya Provinsi Jatim dalam melakukan mitigasi kesiapsiagaan menjelang musim penghujan. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalkan terjadinya resiko bencana banjir di Jatim. Ia berharap apa yang dilakukan di Jatim bisa jadi dapat diaplikasikan di Kalsel.

BACA JUGA :  Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Provinsi Kalsel: Fokus pada Penanganan Angkutan ODOL di Kabupaten Kapuas

“Kemudian perlu sebenarnya kunjungan seperti ini didampingi OPD, supaya informasinya sampai. Kalau ada OPD, mereka bisa mendengarkan bahwa inovasi dan kreatifitas dibutuhkan, dan memang misi ini perlu, karena yang ada di Jatim tentunya harus berlaku juga di Kalimantan, termasuk masalah keseimbangan anggaran,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel, Gusti Abidinsyah, berharap setelah kunjungan ke Jatim ini, mitigasi dan kesiapsiagaan bencana di Kalsel bisa dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan berbagai unsur baik dari lingkungan OPD Pemprov Kalsel, pemerintah daerah setempat, juga dari para relawan dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA :  Sharing Tentang Hubungan Dengan Mitra Kerja, Komisi IV DPRD Kalsel Kunjungi DPRD Bali

“Yang saya garis bawahi tadi, mereka mencoba mengantisipasi terjadinya banjir, ribut diawal, bukan ribut saat banjir, menyalahkan ini itu dan sebagainya.
Oleh karena itu kita akan coba melihat ini bagaimana kira-kira program di Kalsel, kita akan meliat dinas-dinas terkait ini arahnya bagaimana dalam penanganan banjir agar kita siap menghadapi banjir itu,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kalsel, Hormansyah. Ia menyatakan DPRD Kalsel sesuai tupoksinya siap untuk mendukung dari sisi anggarannya.

“Mudah-mudahan kedepannya anggaran terkait mitigasi dan penanganan banjir bisa terus ditingkatkan,” harapnya.
(Advertorial-DPRD Kalsel)

Editor : Nasrullah

Baca Juga