Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. DPRD KALSEL
  4. »
  5. Komisi II DPRD Kalsel Dorong Hilirisasi Investasi Untuk Tingkatkan Ekonomi

Komisi II DPRD Kalsel Dorong Hilirisasi Investasi Untuk Tingkatkan Ekonomi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
KETERANGAN: Suasana Pertemuan Komisi II DPRD Kalsel ke Dinas PMPTSP Bali. Foto. Humas DPRD Kalsel.

Headline9.com, DENPASAR – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berharap hilirisasi investasi bisa lebih maksimal lagi untuk meningkatkan sektor perekonomian yang ada di Banua.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Imam Suprastowo ketika melakukan kaji tiru ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Bali, Senin, (15/01/2024).

Bukan tanpa alasan, lanjut Imam, hilirisasi investasi dianggap dapat menciptakan nilai tambah pada sumber daya alam (SDA) yang dimiliki, serta merangsang pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara berkelanjutan.

“Di Kalsel sendiri, potensinya sangat bagus. Misalnya saja CPO yang banyak sekali di daerah kita. Selama ini justru CPO-nya dibawa ke luar Kalsel dan setelah menjadi minyak goreng kembali lagi ke Kalsel. Kita berharap ada investor yang masuk ke sana sehingga sehingga bisa langsung diolah dan dikelola di tempat kita,” harapnya.

BACA JUGA :  Mariana Tekankan Pentingnya Pemenuhan Gizi Pada Anak Sejak Dini

Turut mendampingi kegiatan ini, Sekretaris Dinas PMPTSP Provinsi Kalsel, Fitridani. Ia menilai Provinsi Bali merupakan gudangnya investor yang mengisi potensi-potensi perekonomian sehingga dirinya merasa Bali merupakan tempat yang tepat untuk menimba informasi.

“Kalsel ke depan akan mengadakan High Level Meeting (HLM) di Bali dengan menggandeng Dinas PMPTSP Bali dan Bank Indonesia (BI) wilayah Kalsel maupun Bali. Kita berharap sesegera mungkin akan terlaksana,” jelasnya.

Fitridani menambahkan, HLM tersebut diharapkan sebagai salah satu upaya memicu para investor melirik Provinsi Kalsel. Karena, menurutnya, setidaknya ada tiga potensi yang sangat menjual di Kalsel, salah satunya perhotelan.

BACA JUGA :  Tim DPRD Kalsel Tinjau Isu Stunting di Puskesmas Rantau Badauh, Batola

“Di Kota Banjarbaru sudah ada dokumen perhotelan yang bisa kita jual, karena hal itu kajiannya sudah lebih baik. Artinya, kita yakin bisa mempromosikan ke investor-investor pada bidang perhotelan ini,” terangnya.

Sementara, Penata Kelola Penanaman Modal Dinas PMPTSP Provinsi Bali, Ida Bagus Gede Putra Arimbawa, menyambut baik kedatangan Komisi II DPRD Kalsel dan Dinas PMPTSP Kalsel. Ia sangat menghargai orang-orang yang berkunjung ke Bali karenahal itu akan menambah perputaran ekonomi di daerah yang mengandalkan pariwisata tersebut.
(Advertorial-DPRD Kalsel)

Editor : Nasrullah

Baca Juga