Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Mengapung dan Tersangkut Diranting Pohon, Alex Barito Akhir Ditemukan

Mengapung dan Tersangkut Diranting Pohon, Alex Barito Akhir Ditemukan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, MARTAPURA – Setelah hampir 24 jam estimasi pencarian, Alex Barito (24), yang diduga tenggelam terseret arus deras Sungai Martapura membuahkan hasil. Ia ditemukan sekitar satu kilometer dari lokasi kejadian.

Pria asal Kalampayan, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, ini ditemukan pada pukul 08.00 Wita oleh tim SAR gabungan. Alex diduga tenggelam diperkirakan, Minggu (21/1/2024) malam, pukul 20.30 Wita.

Korban diketemukan di belakang Masjid Kayu Tangi, Desa Tambak Baru Ilir, Martapura, Kabupaten Banjar, atau satu kilometer dari titik nol diduganya Alex Barito tenggelam.

Dari keterangan sang istri korban, pria ini diduga terpeleset karena tak bisa berenang, hanyut dan tenggelam. Peristiwa ini terjadi di Desa Tambak Baru Ilir, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Setelah diketemukannya Alex Barito, tim SAR gabungan langsung membawa korban ke RSUD Ratu Zalecha Martapura untuk dilakukan otopsi.

BACA JUGA :  Halal Bihalal Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur

On Scene Coordinator (OSC) Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (BASARNAS) Banjarmasin, Deni Arizal, menerangkan, saat proses pencarian, tim SAR gabungan sempat melakukan penyisiran di sejumlah titik.

Tak berselang lama, ada benda mencurigakan tersangkut yang membuat mereka langsung mendatangi tempat tersebut. Benar saja, Alex Barito (24), akhirnya ditemukan.

“Dia (korban) tersangkut dan mengapung dirantin pohon,” ungkapnya kepada sejumlah media, Selasa (23/1/2024) siang.

Setelah berhasil dievakuasi, tutur dia, pihaknya bersama tim SAR gabungan (BASARNAS, TNI, Polri, Dinas Damkar dan Penyelamatan, BPBD Kabupaten Banjar, dan relawan) langsung membawa korban ke RSUD Ratu Zalecha Martapura.

“Seanjutnya dengan ditemukannya korban maka Operasi SAR KMM dinyatakan di tutup dan selesai dan unsur SAR yg terlibat di kembalikan kesatuannya masing-masing,” katanya.

BACA JUGA :  Seratus Peneliti Hortikultura Kunjungi Sentra Jeruk dan Florikultura

Pembakal Tambak Baru Ilir, Gusti Ahmad Munadi, menjelaskan, setelah dilakukannya otopsi di RSUD Ratu Zalecha Martapura, jenazah Alex Barito akan dijemput pihak keluarga.

“Dan selanjutnya disemayamkan di rumah duka korban, di Desa Kalampayan, Astambul,” tuturnya.

Ia menghimbau, kepada masyarakat sekitar untuk berhati-hati melakukan aktivitas di Sungai Martapura melihat kondisinya saat ini cukup deras dan dalam. “Jadi, diharapkan warga yang bermukim di pinggiran sungai supaya selalu waspada saat melakukan aktivitasnya di lokasi tersebut,” imbau Gusti Ahmad.

Kepada keluarga korban, Gusti Ahmad, berkata,”Kami selaku pemerintah Desa Tambak Baru Ilir mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya atas tenggelamnya Alex. Kepada keluarga korban yg ditinggalkan mudahan ditabahkan, dan korban mendapatkan tempat yg layak disisi Allah SWT,” pungkasnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga