Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Bupati Banjar Resmikan Empat Fasyankes Baru Di RSUD Ratu Zalecha…

Bupati Banjar Resmikan Empat Fasyankes Baru Di RSUD Ratu Zalecha Martapura

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, meresmikan empat fasilitas layanan kesehatan baru di RSUD Ratu Zalecha Martapura, Kamis (25/1/2024) siang.

Empat layanan tersebut yakni pelayanan kemoterapi dan kanker, pelayanan mammograpi (deteksi kanker payudara), pelayanan tumbuh kembang anak (Pais Patin) serta pelayanan gangguan pendengaran (BERA).

Dengan begitu, RSUD Ratu Zalecha Martapura dianggap telah melakukan langkah proaktif dengan menyediakan pelayanan kemoterapi dan perawatan kanker. Disamping itu, layanan dan perawatan tersebut juga dapat mendekatkan akses pelayanan pada pasien kanker di Kabupaten Banjar.

Setidaknya pula, dapat mengurangi biaya dan beban jika dibandingkan harus melakukan perawatan dengan jarak yang cukup jauh, misalnya, di RSUD Ulin Banjarmasin.

Bupati Banjar, Saidi Mansyur, menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas kemajuan dan upaya yang telah dilakukan RSUD Ratu Zalecha dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Saidi Buka Diklat Paskibraka 2021

“Saat ini kita bersama sama menghadapi dua permasalahan utama dalam dunia kesehatan, yaitu kasus kanker dan stunting pada anak-anak. Untuk itu mari kita bersama sama memahami urgensi permasalahan kanker, khususnya kanker payudara yang menjadi penyakit tidak menular dengan dampak kematian yang signifikan di Indonesia,” katanya.

Masalah stunting, kata dia, pada anak-anak perlu mendapatkan perhatian serius. Terbentuknya tim penanganan stunting yang melibatkan RSUD Ratu Zalecha, menunjukan komitmen penuh untuk mengatasi masalah gizi anak-anak.

“Penanganan terintegrasi atasi stunting melalui Pelayanan Anak Terpadu beserta Ibu dan Neonatal (Pais Patin) adalah inovasi yang bertujuan meminimalkan kasus stunting di Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Lantik Pengurus LPTQ

Sedangkan BERA di Poliklinik THT, dijelaskan dia, adalah langkah proaktif untuk mendeteksi gangguan pendengaran pada tahap awal. “Ini merupakan upaya kita memberikan perawatan holistik termasuk pada aspek tumbuh kembang anak,” ungkap Saidi.

Sementara itu, Dokter Spesialis Konsultan Hematologi Onkologi, Riswan Arisandi, menerangkan, pengembangan layanan ini diharap dapat mengurangi frekuensi rujukan.

Sehingga, tambahnya, pasien yang berdomisili di Kabupaten Banjar tidak perlu jauh lagi berobat. “Alhamdulilah RSUD Ratu Zalecha ditunjuk oleh Kementrian Kesehatan RI sebagai rumah sakit daerah selain RSU Ulin Banjarmasin dan Boejasin Pelaihari yang menjadi tempat rujukan bagi penderita kanker di provinsi Kalsel,” jelasnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga